Fakultas Teknik
Pengabdian Masyarakat FT Unud Dilaksanakan di Kabupaten Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Fakultas Teknik Universitas Udayana diselenggarakan di Desa Selumbung Kecamatan Manggis Karangasem pada Sabtu (13/11/2021) dengan mengambil tema ‘Peningkatan Potensi Desa Selumbung Melalui Pengelolaaan Sampah Berbasis Sumber’.

Acara ini disambut baik oleh Perbekel I Wayan Sudiarka dan Ketua BPD Desa Selumbung, I Wayan Kartika, SH., dengan menghadirkan tokoh masyarakat desa seperti BPD masing-masing banjar para kepala dusun, Babinsa dan Babinmas serta kelompok masyarakat penggiat kebersihan desa.

Tujuan kegiatan ini yaitu membuka wawasan yang lebih luas tentang pengelolaan sampah berbasis sumber yang dipaparkan oleh Dr. Wayan Nata Septiadi dan dilanjutkan dengan materi tentang teknologi pengolahan sampah residu di TPST yang disampaikan oleh Prof. I Nyoman Suprapta Winaya.  Sangat ditekankan bahwa apabila pengelolaan sampah dilakukan dengan baik maka akan mampu meningkatkan nilai tambah perekonomian desa dan kebersihan lingkungan.

Wakil Dekan II, Dr. I Ketut Gede Sugita kesempatan tersebut juga menyampaikan pentingnya mengintegrasikan kegiatan lokal genius seperti gotong royong rutin yang sudah berjalan baik selama ini dapat bersinergi dengan sistem pengelolaan sampah berbasis sumber mengingat jumlah penduduk yang terus meningkat.

“Besar harapan masyarakat agar Fakultas Teknik Universitas Udayana dapat meningkatkan kerjasama dengan menjadikan Desa Selumbung sebagai mitra desa sehingga produk inovasi dan invensi yang diciptakan khususnya tentang pengelolaan sampah dapat diterapkan di Desa Selumbung,” ucapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini