MoU
Penandatanganan MoU Antara Badan Pusat Statistik Provinsi Bali dengan Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Universitas Udayana menjalin kerja sama dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Bali yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara dengan Kepala BPS Provinsi Bali, Hanif Yahya bertempat di Ruang Bahasa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Kamis (25/11/2021). Turut hadir dalam acara yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan, kerja sama dan informasi Unud, Sekretaris USDI, Koordinator Kerjasama dan Humas serta Jubir Unud.

Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan sebelumnya telah dilakukan pertemuan dengan Kepala BPS Bali dan penandatanganan MoU ini merupakan awal dari kerja sama yang akan dilaksanakan. Dalam pertemuan telah dibahas rencana magang mahasiswa dalam konteks MBKM dan inisiasi konsentrasi statistik di Prodi Matematika FMIPA yang nantinya bisa menjadi salah satu Prodi di Unud. BPS Bali diharapkan dapat mendukung dalam realisasi program tersebut.

Baca Juga :  Unud Tegaskan Komitmennya dalam Peningkatan Kualitas Data PDDikti

Setelah MoU ini akan ditindaklanjuti melalui sebuah perjanjian kerja sama yang lebih spesifik lagi. BPS juga akan membuka pojok statistik di Unud, yang sistemnya bisa dikoneksikan sehingga jika butuh data dari BPS dapat diaksses dari sana. Disamping itu masih banyak yang bisa dikerjakan oleh kedua belah pihak kedepan. Salah satunya dalam meningkatkan kualitas SDM di BPS melalui berbagai Prodi yang ada di Unud.

“Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung kinerja kedua belah institusi,” ujar Prof. Antara.

Baca Juga :  Potensi Ekstrak Biji Kakao dalam Mencegah Proses Penuaan, Bawa I Gusti Ayu Agung Elis Indira Raih Gelar Doktor

Sementara Kepala BPS Provinsi Bali, Hanif Yahya menyampaikan apresiasi karena telah memfasilitasi kerja sama yang akan dijalin. Ini merupakan tindaklanjut dari inisiasi yang dilakukan. BPS merupakan salah satu leading sektor dalam pembinaan statistik, dan berkewajiban dalam memberikan pembinaan dan memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait pemanfaatan data statistik untuk kebijakan maupun perencanaan. Sebagaimana diketahui bersama pembangunan ini berdasarkan data yang telah diterima oleh BPS.

Terkait MoU ini juga sebagai salah satu bentuk tanggung jawab BPS sebagai pembina, dimana BPS juga harus mampu memberikan pemahaman terkait statistik salah satunya dalam aspek pendidikan. Kita akan melakukan kerja sama yang lebih rinci lagi, bagaimana kita bisa memberikan ilmu terkait statistik kepada akademisi dan membangun Pojok Statistik di perguruan tinggi. Di Pojok inilah kita bisa memberikan pelayanan yang lebih dekat lagi kepada mahasiswa maupun dosen untuk menunjang penelitiannya.

Baca Juga :  Terkejut dengan Hasil Penelitian Dosen Udayana, Gubernur Koster Janji Hentikan Distribusi Plastik Sekali Pakai Tahun 2022

“Pojok ini akan dikelola melalui kolaborasi kedua institusi. Melalui MoU ini juga diharapkan akan banyak kolaborasi dan kerja sama dalam bidang statistik,” pungkas Hanif Yahya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here