Lantik
Bupati Giri Prasta Lantik Pejabat Eselon III dan Eselon IV. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta pengembangan karir Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, bertepatan dengan HUT KORPRI Ke-50, Bupati Nyoman Giri Prasta memimpin acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, terhadap 53 orang Pejabat Administrator, 373 orang Pejabat Pengawas dan 96 orang Pejabat Fungsional, untuk dikukuhkan dalam jabatan dengan Nomenklatur baru berdasarkan atas amanat Peraturan Bupati Badung Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah dan Peraturan Bupati Badung Nomor 33 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Perangkat Daerah, serta Instruksi Presiden Republik Indonesia Mengenai Penyederhanaan Birokrasi Melalui Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional, Senin (29/11/2021) bertempat di Ruang Sidang Utama Gosana Kantor DPRD Badung.

Sebelum dilantik, para pejabat melakukan prosesi upacara mejaya-jaya di Pura Lingga Bhuana Puspem Badung. Pelantikan disaksikan Wakil Ketua I DPRD Badung, I Wayan Suyasa, Anggota DPRD I Wayan Regep, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, Wakil Ketua TP PKK Nyonya Kristiani Suiasa, Kepala BKPSDM Gede Wijaya dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Badung.

Baca Juga :  Pelatihan Mixologi Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi UMKM Badung

Bupati Giri Prasta menyebutkan, upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap pegawai ASN yang menduduki jabatan Eselon III dan Eselon IV tersebut, merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2019 Tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Dan Kabupaten/Kota.

Disamping itu pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap Pejabat Struktural telah melalui proses pembahasan yang cukup panjang dan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

“Hal ini merupakan suatu dinamika yang harus dilalui oleh organisasi dalam rangka untuk pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pengembangan karier ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Mutasi ini harus dimaknai sebagai usaha untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan prioritas Pemerintah Kabupaten Badung,“ terang Bupati Giri Prasta seraya menyebut pada bulan Desember juga akan dilakukan pengisian jabatan terhadap 6 Eselon II.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengungkapkan, setelah APBD Badung disahkan dan dilaksanakan tahun 2022, maka paling tidak pada bulan Januari nanti, pengisian jabatan di struktur perangkat daerah Pemkab Badung akan rampung semua.

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

Disisi lain Bupati Giri Prasta berharap bagi ASN yang telah melaksanakan sumpah janji jabatan agar mempunyai wawasan jauh kedepan dan mampu melakukan inovasi yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistematis untuk kemajuan organisasi terlebih lagi dengan situasi ditengah pandemi Covid-19. Senantiasa menjaga dan meningkatkan integritas, loyalitas dan komitmen terhadap Pemerintah Kabupaten Badung dan NKRI. Serta selalu peka terhadap kebutuhan dan kondisi masyarakat Kabupaten Badung secara khusus dan masyarakat Provinsi Bali secara umum, karena sejatinya bahwa pejabat publik diciptakan untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Itu merupakan pedoman yang harus dilaksanakan. Selanjutnya abdikan diri untuk masyarakat Badung dengan tulus dan iklas sehingga muncul rasa percaya dan kebahagian masyarakat Badung. Selamat bertugas, tunjukkan prestasi dalam tugas masing-masing,” tegasnya.

Adapun sejumlah pejabat yang dilantik diantaranya Made Adi Adnyana S.P sebagai Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Badung yang sebelumnya menjadi Kepala UPT PBB P2 dan BPHTB Badung Selatan, IGA Ngr. Arinda Trisnawati sebagai Sekretaris pada Dinas Perkim, Made Surya Dharma yang sebelumnya Kasubag Administrasi Kewilayahan pada Bagian Tapem promosi sebagai Kabid Pengelola Aset Daerah BPKAD, I Ketut Rimbawan yang sebelumnya sebagai Lurah Jimbaran kini menduduki posisi sebagai Kepala Bidang Politik Dalam Negeri pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Badung dan Ni Putu Rasniathi menjabat sebagai Kepala UPTD Pengelolaan Pajak Daerah Kuta Selatan pada UPTD. Pengelolaan Pajak Daerah Kuta Selatan Kabupaten Badung.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News