Bibit
Wabup Ipat Serahkan Bantuan Bibit Alpukat dan Durian. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Sebagai upaya pengembangan dan pemberdayaan buah–buahan (holtikultura), Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, menyerahkan bantuan sebanyak 1.000 bibit durian dan alpukat kepada subak abian/kelompok tani.

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada dua kelompok tani di Balai Subak Gunung Sari, Desa Batuagung kabupaten Jembrana, Jumat (29/10/2021). Turut hadir mendampingi Sekda I Made Budiasa, Asisten Setda dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, I Wayan Sutama.

Dikatakan Wabup yang akrab disapa Ipat itu, bantuan yang diserahkan merupakan tren komoditi yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan pangsa pasar yang menjanjikan.

Alpukat dan Durian merupakan komoditi alternatif yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain alpukat dan durian, kedepan juga kita inginkan komoditi lain yang memiliki potensi nilai ekonomi tinggi juga disertakan dalam budidaya. Dengan bantuan ini kita harapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Jembrana terutama di bidang holtikultura ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Melalui Masikian Festival, Bupati Tamba Ajak Anak Muda Lebih Kreatif

Disamping itu, keberadaan subak abian/kelompok tani saat ini yang sebagian besar ditekuni para orang tua disayangkan Wabup asal kelurahan Tegalcangkring itu. Ia menginginkan juga peran serta dari anak–anaknya terutama generasi milenial.

“Subak abian memiliki peran penting dalam peningkatan ekonomi kelompok maupun keluarga. Jadi generasi muda jangan gengsi dalam kerja mengelola subak abian. Karena seperti setelah ditanam bibit alpukat dan durian ini diperkirakan bisa menghasilkan dalam jangka waktu 4 tahun. Tentu dalam sebuah kelompok akan dinikmati juga oleh anak-anaknya,” jelas Ipat.

Baca Juga :  Hadiri Pengukuhan Bendesa di Tiga Desa Adat, Bupati Tamba Berpesan Agar Bertugas dengan Baik

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan mengatakan, bantuan bibit tersebut dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan holtikultura yang dikelola subak abian/kelompok tani.

“Bantuan yang diserahkan sebanyak 1.000 pohon, terdiri dari 500 bibit alpukat dan 500 bibit durian kepada 10 kelompok yang tersebar di 5 kecamatan di kabupaten Jembrana,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News