UNUD
UPT Perpustakaan Unud Dikunjungi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jakarta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Tim dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta, mengadakan kunjungan ke UPT Perpustakaan Universitas Udayana di Kampus Jimbaran, Senin (18/10/2021).

Tim dari Badan Bahasa diterima langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Unud Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, S,Hum.,M.Hum. bersama staf di bagian sirkulasi perpustakaan setempat. Tujuan kunjungan adalah dalam rangka program kerja sama pendigitalisasian buku karya sastra dan dokumen terkait lainnya.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum., menyambut baik kedatangan peneliti dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Bahasa dan menyatakan bahwa ini salah satu contoh nyata tindakan di bidang kerja sama yang dapat mempererat hubungan antarlembaga.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Laksanakan Penanaman Pohon di Pelaga

“Dan tentunya kegiatan pendigitalisasian karya sastra ini dapat dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan,” paparnya.

Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Pengembangan Sastra yang diwakili oleh Ninawati Syahrul, M.Pd. menyatakan bahwa perlunya bank data karya sastra, khususnya karya sastra angkatan tahun 60-70-an karena di tahun tersebut ada gejolak sosial di masyarakat yang ikut mewarnai aktivitas dan karya sastra Indonesia. Pada saat itu, karya seni terutama sastra dan sastrawan diikutkan dalam kegiatan propaganda politik.

“Data-data yang akan didigitalisasi dengan sistem scan nantinya akan dibagikan kepada perpustakaan agar dapat juga berguna untuk peneliti, mahasiswa, dan masyarakat luas,” pungkas Ninawati.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here