UGM
UGM Sukses Pertahankan Gelar Juara Umum di PIMNAS 34. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses mempertahankan gelar Juara Umum di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 yang berlangsung di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 25-29 Oktober 2021. Prestasi tersebut menjadikan UGM sebagai juara bertahan PIMNAS selama empat tahun berturut sejak tahun 2018 lalu.

Pengumuman juara disampaikan saat penutupan PIMNAS ke-34 yang digelar secara luring terbatas di USU dan secara daring melakui kanal youtube USU, Jumat (29/10/2021) malam. Penyerahan piala bergilir Adhikarta Kertawidya disampaikan oleh Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi kepada Wakil Rektor UGM bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Djagal Wiseso Marseno.

Dalam PIMNAS kali ini UGM berhasil meraih sebanyak 54 medali. Sementara diposisi kedua dan ketiga secara berurutan diraih oleh IPB dan ITS.

Wakil Rektor UGM bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Djagal Wiseso Marseno menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih kontingen PIMNAS UGM pada gelaran PIMNAS ke-34 ini. Capaian yang diperoleh menempatkan UGM sebagai juara bertahan PIMNAS selama empat tahun berturut.

“PIMNAS menjadi ajang paling bergengsi dalam lomba-lomba ilmiah mahasiswa di tingkat nasional. Sejak tahun 2018 UGM berhasil menjadi Juara Umum PIMNAS dan ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan serta luar biasa karena baru pertama kalinya 4 kali Juara Umum,” urainya, Sabtu (30/10/2021).

Djagal menyebutkan prestasi kontingen PIMNAS UGM merupakan hasil kerja bersama yang patut diapresiasi. Hasil yang diraih merupakan kerja bersama antara mahasiswa, dosen pendamping, dosen pembina, dan dukungan dari departemen, fakultas, pengelola laboratorium, universitas dan banyak pihak lainnya yang telah mendukung kontingen UGM di PIMNAS 2021.

Baca Juga :  Tingkatkan Produktivitas Nelayan Tradisional Dengan Sistem Kalender Berbasis SIG

Djagal berharap UGM tetap bisa mempertahankan gelar juara di ajang PIMNAS mendatang. Karenanya, UGM mempekuat komitmen untuk mendukung mahasiswa dalam mengkespresikan potensi ilmiah yang dimiliki dengan memberikan pembinaan secara kontinu, menyediakan infrastruktur pendukung kegiatan, serta dukungan penganggaran. Dengan begitu para mahasiswa diharapkan dapat melakukan kajian ilmiah yang terarah sehingga mendukung kompetensi akademik sesuai bidang ilmu bahkan lintas keilmuan untuk menemukan solusi atas persoalan masyarakat dan bangsa.

“Mempertahankan gelar juara itu lebih sulit namun mudah-mudahan tahun depan bisa kembali Juara Umum menjadi lima kali berturut,” harapnya.

Baca Juga :  Mahasiswa UGM Ikuti Youth Leadership Camp For Climate Change UNESCO

Sementara, Kasubdit Kreativitas UGM, Suhetman, Ph.D., menjelaskan dalam gelaran PIMNAS 2021 UGM menjadi kontingen terbesar dengan 124 tim yang berhasil lolos melaju hingga final mempresentasikan gagasannya dihadapan juri secara daring. Dari tim tersebut UGM sukses menyabet 54 medali dengan rincian 14 medali emas, 21 medali perak, dan 19 medali perunggu. Selain itu juga terdapat 2 tim favorit kategori presentasi.

“Salut untuk perjuangan tim PKM UGM yang sangat luar biasa sehingga bisa empat kali juara umum berturut turut. Terima kasih atas dukungan dosen pembina, dosen pendamping, PKM Center serta pimpinan fakultas dan pimpinan universitas atas dukungannya,” tuturnya.

Baca Juga :  Gel Biji Kopi Merapi Untuk Obat Luka Diabetes

PIMNAS ke-34 merupakan kompetisi bergengsi mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kemendikbudristek. Pada penyelenggaraann tahun ini diikuti sebanyal 3.126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 tim dari 108 perguruan tinggi se-Indonesia.

PIMNAS mempertandingkan sembilan kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kesembilan kategori ini adalah PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, dan PKM-Karsa Cipta.

Berikutnya, kategori PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains, dan PKM-Riset Sosial.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini