Bunda Paud
Sagung Antari Jaya Negara Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar. Sumber FOto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar ditandai dengan menyelempangkan kain selempang dan penyematan pin Bunda PAUD di Ruang Praja Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (25/10/2021).

Sebelum pengukuhan berlangsung Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara menandatangani Surat Keputusan Bunda PAUD dan Penyematan Kain Selempang ke Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Acara ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa beserta istri Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua GOPTKI Kota Denpasar Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Denpasar Jaya Negara mengatakan, pendidikan anak usia dini sangat penting bagi perkembangan anak balita. Pengembangan kemampuan belajar, sosial, pemantauan kesehatan, dan pengembangan karakter serta semua aspek pertumbuhan tersebut bisa dipantau dan berkembang melalui pendidikan anak usia dini.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Pelaku UMKM Kuliner, Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Kokoh atau rapuhnya perkembangan otak anak sangat bergantung kepada semua hal yang dialaminya di usia dini.  Semua manfaat PAUD bagi perkembangan anak usia dini tidak boleh hilang karena pandemi Covid-19.

“Di sinilah pentingnya Bunda PAUD dalam mensosialisasikan peran orangtua dalam berkomunikasi dengan para guru untuk memastikan aktivitas belajar mengajar bagi anak usia dini tetap berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak,” kata Jaya Negara.

Saat ini Kota Denpasar sudah turun level menjadi level 2 yang artinya masuk kategori zona  kuning. Hal ini memberikan angin segar bagi perkembangan layanan PAUD.  Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan Bunda PAUD merupakan sebuah profesi sukarela, yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat. Selain itu keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada di wilayah masing-masing.

Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD. Dalam mendorong layanan PAUD yang berkualitas, Bunda PAUD diharapkan dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal.

Sementara itu Bunda PAUD Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, tujuan dari pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan ini agar dapat menciptakan suatu benang merah dari komitmen nasional untuk memberikan jaminan dan kepastian layanan anak usia dini yang berkualitas.

Bunda PAUD yang dipandang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani mereka agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang cerdas dan sehat.

Baca Juga :  Buka Baligivation 2024, Pj Gubernur Bali Ajak Semua Pihak “Ngrombo” Akselerasi Transformasi Digital

Dalam menjalankan peran tersebut agar seluruh Bunda PAUD dapat membentuk dan memberdayakan Pokja Bunda PAUD secara berjenjang.

“Melalui Pokja Bunda PAUD yang dibentuk tersebut diharapkan dapat mendorong pelaksanaan PAUD berkualitas di seluruh lembaga PAUD yang ada,” harap Sagung Antari Jaya Negara.

Mengingat kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD di masing-masing jenjang adalah organisasi yang mendukung pelaksanaan tugas dan peran Bunda PAUD dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan PAUD berkualitas di Kota Denpasar. Untuk itu Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan paud.

Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini menambahkan peserta pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa/Lurah se Kota Denpasar sebanyak 3 Bunda PAUD Kecamatan dan 43 Bunda PAUD Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News