Buku
Rektor Unud Hadiri Peluncuran Buku Ekonomi Kerthi Bali Membangun Bali Era Baru. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Rektor Universitas Udayana, Prof. I Nyoman Gde Antara hadiri Peluncuran Buku Ekonomi Kerthi Bali Membangun Bali Era Baru karya Gubernur Bali Wayan Koster bertempat di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, Rabu (20/10/2021).

Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S. selaku Koordinator Acara dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa terdapat dua aspek dari Buku Ekonomi Kerthi Bali Membangun Bali Era Baru ini yakni aspek ilmiah dan aspek perencanaan pembangunan. Tentunya rumusan dari Buku Ekonomi Kerthi Bali Membangun Bali Era Baru yang dituangkan ke dalam buku referensi ini dapat menjadi acuan dan pedoman dalam pembangunan daerah di Kabupaten dan Kota se-Bali.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Siap Dukung Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah Kemendikbud

“Ini juga dapat diadopsi oleh daerah-daerah lainnya sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing,” paparnya.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam paparannya menyampaikan bahwa konsep Ekonomi Kerthi Bali yang dituangkan ke dalam buku ini digali dari kearifan lokal Bali. Secara fundamental dan komprehensif, Pembangunan Bali bersumber dari nilai-nilai filososfi kearifan lokal Sad Kerthi yaitu Atma Kerthi (Penyucian Jiwa), Segara Kerthi (Penyucian Laut), Danu Kerthi (Penyucian Sumber Air), Wana Kerthi (Penyucian Tumbuh-Tumbuhan), Jana Kerthi (Penyucian Manusia), dan Jagat Kerthi (Penyucian Alam Semesta).

Baca Juga :  Polda Bali Razia Tempat Hiburan Malam

“Ekonomi Kerthi Bali merupakan konsep pembangunan ekonomi yang komprehensif guna memperkuat struktur dan fundamental program Bali yang harmonis terhadap alam berbasis sumber daya lokal, menjaga kearifan lokal, hijau, ramah lingkungan, berkualitas, bernilai tumbuh, tangguh, berdaya saing, dan berkelanjutan,” papar Gubernur Koster.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI sekaligus Kepala BAPPENAS, Dr. (H.C.) H. Suharso Monoarfa dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Bali merupakan satu-satunya yang disupervisi langsung oleh BAPPENAS dalam rangka Transformasi Ekonomi. Menteri sangat mengapresiasi kepada Gubernur Bali yang luar biasa telah menuliskan buku Ekonomi Kerthi Bali ini yang didasarkan pada kekayaan yang luar biasa yang dimiliki oleh Bali.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini