Kerja Bhakti
Melalui Karya Bhakti dalam Wujudkan Semangat Bergotong Royong di Masyarakat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Seiring dengan berjalannya waktu, kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan rakyat dalam upaya mewujudkan ketahanan Nasional serta kesejahteraan rakyat terus terjaga.

Ini terbukti, seiring kondusifitas keamanan dalam negeri dari ancaman luar yang bisa mengganggu stabilitas negara, peran TNI khususunya Angkatan Darat saat ini pun lebih dikedepankan dalam operasi militer selain perang.

Salah satunya, dalam rangka pembinaan teritorial, TNI AD yang ada hampir diseluruh penjuru Nusantara selalu hadir dalam perannya untuk mengabdi kepada rakyat guna menciptakan persatuan dan kesatuan Negara serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera.

Seperti halnya upaya yang dilakukan oleh jajaran Kodam IX/Udayana, melalui Badan Pelaksana Pembinaan Mental Kodam IX/Udayana (Bintaldam IX/Udayana), untuk menjaga kemanunggalan TNI bersama dengan masyarakat, ikut serta bergotong royong membenahi saluran irigasi sepanjang 500 meter di wilayah Subak Pakel II, Desa Ubung Kaja, Denpasar, pada Jumat (15/10/2021) pagi.

Saat ditemui disela-sela kegiatan yang berlangsung, Kasi Bintalidjuang, Mayor Inf Made Budiasa, atas Seizin Kabintaldam IX/Udayana, Letkol Inf I Gusti Ngurah Wilantara menjelaskan, Kegiatan yang dilakukan tersebut, merupakan Karya Bakti TNI Satuan Non Kowilayahan pada Semester II TA. 2021, dilaksanakan bersama-sama masyarakat sekitar dalam rangka pembersihan saluran irigasi guna mencegah terjadinya banjir terlebih sudah mulainya musim penghujan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan hubungan baik antara TNI, Polri, Pemerintah Desa dan komponen masyarakat lainnya, yang terjalin semakin harmonis karena dengan bersinergi, setiap permasalahan yang ada dapat lebih mudah dalam menyelesaikannya,” terangnya.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Denpasar dan FKUB Sepakat Pengaturan Kegiatan Keagamaan

Selain itu, kegiatan yang juga dilakukan bersama dengan Petani Krama Subak Pakel II, Ubung Kaja ini,  untuk meningkatkan simakrama (silaturahmi) antara masyarakat dengan TNI, Pemerintah Desa termasuk dengan seluruh komponen masyarakat desa setempat, sekaligus memupuk kembali semangat, budaya gotong royong di tengah kehidupan bermasyarakat yang belakangan ini kian memudar.

“Kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan di desa wilayah sekitar atau binaan diharapkan dapat mempererat simakrama dan membantu memberi solusi setiap permasalahan sosial yang ada di masyarakat serta untuk meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegasnya.

Baca Juga :  Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas Sebagai Edukasi Wujudkan Masyarakat Sadar Hukum

Dirinya juga berharap, kebersamaan, keakraban seperti ini hendaknya dapat terus dipelihara, dipertahankan bahkan ditingkatkan. Serta, TNI-Polri juga harus selalu bergandengan tangan bersama-sama dengan pemerintah desa serta masyarakat melakukan berbagai upaya dalam memberi solusi dan membantu mengatasi kesulitan rakyat di wilayah masing-masing. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini