Made Sarwa Terpilih sebagai Bendesa Adat Sukawati. sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Pemilihan “Ngadegang Bandesa dan Prajuru Desa Adat Sukawati” berlangsung Rabu, Kajeng Kliwon Tilem Kapat, 6 Oktober 2021 di wantilan Pura Desa Sukawati, dengan musyawarah mufakat berhasil mengantarkan Ir. Made Sarwa, MBA terpilih secara aklamasi sebagai Bandesa Adat Sukawati.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Ngadegang Bandesa dan Prajuru Adat Sukawati  Made Arya Amitaba menjelaskan, pemilihan di masa pandemi ini tidak secara langsung namun disesuaikan dengan kondisi saat ini. Maka ditentukan lah proses pemilihan secara musyarawarah mufakat yang sesuai dengan warisan leluhur. Dan ini merupakan keinginan sebagian besar masyarakat dan panitia juga sudah beraudensi ke MDA untuk konsultasi.  Proses diawali dengan penyusuan perarem, pengesahan perarem dan disahkan pada tanggal 18 Juni 2021.

Baca Juga :  Bupati Mahayastra Merotasi 72 ASN di Gianyar

“dan pada tanggal 6 Oktober 2021 dilaksanakan pemilihan ngadegang Bendesa dan prajuru desa adat Sukawati dan astungkara  bersyukur selama proses dari awal sampai pemilihan berjalan lancar,”ucap Amitaba yang juga Dirut BPR Kanti.

Dan akhirnya dengan calon tunggal dan musyawarah mufakat terpilihlah Ir. Made Sarwa, MBA., sebagai bendesa adat sukawati masa bakti 2021 – 2026.

Ketua Panitia Ngadegang Bandesa dan Prajuru Adat Sukawati Made Arya Amitaba (kanan) dan Bendesa adat terpilih Made Sarwa (tengah)

Sementara itu Bendesa Adat Sukawati terpilih, Made Sarwa menyatakan, ini merupakan kehendak masyarakat dan panitia pun sudah melakukan proses pemilihan secara adil dan msuyarawah mufakat. Untuk kedepan dirinya akan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang dimiliki Desa Adat sukawati serta melanjutkan program kerja dari Bendesa sebelumnya.

Baca Juga :  Pastikan Data Pasien Covid Sesuai, Forkopimda Gianyar Sidak ke RS

“meningkatkan kesejahteraan pengayah di kayangan, seperti pemangku serta bagaimana meningkatkan komunikasi antara pengayah di desa adat dengan klian adat sehingga dapat berjalan dengan baik,”pungkasnya.(ads/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here