Seminar Kesehatan Jiwa
Ketua TP PKK Denpasar Buka Seminar Kesehatan Jiwa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2021 dilaksanakan di Kota Denpasar. Pelaksanaan seminar Kesehatan Jiwa menjadi agenda peringatan yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Selasa (12/10/2021) secara daring dan luring yang dipusatkan di Mal Pelayanan Publik Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar.

Hadir secara fisik Istri Wakil Wali Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, para narasumber yakni dr. I Gusti Rai Putra Wiguna, Sp.KJ dan Lucky Windaningtyas Marmer, M.Psi., Psikolog Yayasan Teman Baik.

Dalam sambuatnnya Ketua Tp PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan setiap tanggal 10 Oktober diperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang tahun ini mengangkat tema Mental Health in An Unequal World atau Kesetaraan Kesehatan Jiwa Untuk Semua.

Baca Juga :  Mengenang Masa Kecil, Sebanyak 50 Peserta Adu Kecepatan Tamiya 

Adapun tujuan peringatan HKJS ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesehatan jiwa di seluruh dunia dan memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan jiwa serta menjadi momentum kampanye massif bagi semua pemangku kepentingan yang bekerja pada pada isu-isu kesehatan jiwa serta mendorong upaya untuk mencari solusi bagi upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya).

Dijelaskan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, masalah kesehatan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang cenderung meningkat dan berdampak besar, baik pada tenaga kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, pelajar, ibu bekerja, ibu rumah tangga,  orang yang tinggal sendiri, kaum disabilitas fisik, kaum terpinggirkan, maupun mereka yang memang memiliki masalah kesehatan jiwa. Pandemi memberikan ketidakpastian tentang kapan situasi ini usai, kehilangan orang tersayang, kondisi pekerjaan dan keuangan yang tidak stabil, sehingga sangat berpengaruh terhadap produktivitas serta kualitas hidup masyarakat termasuk dalam hal kesulitan mengakses layanan kesehatan jiwa.

Baca Juga :  Bank BPD Cabang Utama Denpasar Merealisasikan Program Kredit "MESARI"

Sehingga Pemerintah Kota Denpasar melakukan berbagai upaya promotif, preventif, kuratif serta rehabilitatif terhadap Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) maupun Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), secara berkesinambungan, salah satunya melalui webinar kolaborasi yang didukung oleh Yayasan Teman Baik Nusantara, dengan harapan komunikasi, informasi dan edukasi  dari para pemerhati kesehatan jiwa bisa tersampaikan dengan jelas ke kelompok sasaran.

Sementara ketua panitia yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. IB Gede Eka Putra menyampaikan seminar ini dilaksanakan dalam memperingati HKJS yang diperingati setiap tanggal 10 oktober.

Baca Juga :  Antisipasi Pohon Tumbang di Musim Penghujan, Tim Respon Cepat Desa Sumerta Klod Lakukan Perompesan Pohon

Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran isu kesehtaan jiwa, dan mobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan jiwa, serta mendorong mencari solusi dalam kesehatan jiwa. Seminar ini kolaborasi Dinas Kesehatan Kota Denpasar dengan Yayasan Teman Baik Nusantara.

“Seminar dilaksanakan secara daring maupun luring dari ruang Sewaka Dharma Graha Sewaka Dharma Diikuti oleh teman-teman komunitas, masyarakat umum dan komunitas lainnya,” ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here