Utsawa
Duta Jembrana Raih Juara II Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba memberikan apresiasi kepada perwakilan Kabupaten Jembrana yang berhasil memperoleh juara II Kekawin Remaja Putra Utsawa Dharma Gita ditingkat Nasional.

Kedua remaja berprestasi atas nama I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan dengan pasangannya Putu Krisna Adi Surya. Keduanya saat ini tercatat menempuh pendidikan tinggi di Undiksha jurusan PGSD.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba pada kesempatan itu menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih tersebut, tentunya ini menjadi tambahan sederet kabar menggemberikan untuk masyarakat Jembrana.

“Kemarin atlet kita juga berhasil meraih mendali emas PON XX Papua, kali ini kembali duta jembrana meraih juara II Utsawa Dharma Gita ditingkat Nasional. Ini kabar yang sangat membahagiakan, apalagi bertepatan dengan momentum sumpah pemuda,” ujar Bupati usai menerima kedua remaja berprestasi itu di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga :  Peringati Hari Pahlawan, The Lantry Bagi-bagi Rice Box di Renon

Ia mengaku bangga makin makin banyak anak muda Jembrana yang berprestasi dalam berbagai perlombaan.

Tamba juga berucap, prestasi itu semoga bisa menginspirasi kaum muda Jembrana lainnya.

Lebih lanjut Bupati mengingikan agar ke depannya tidak berhenti sampai disana saja, namun lebih ditingkatkan lagi khususnya berinovasi dalam menciptakan nyanyian-nyanyian suci keagamaan (kekawin) dengan tetap memperhatikan khaidah-khaidah yang telah ditetapkan.

“Ke depan saya meminta kepada pemenang lomba tersebut, agar terus meningkatkan ilmunya, juga berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan nyanyian suci keagamaan namun begitu tetap memperhatikan khadiah-khaidah yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Parbud Jembrana Anak Agung Ngurah Mahadikara Sadhaka mengatakan sebelum berhelat di perlombaan Utsawa Dharma Gita tingkat nasional, duta Jembrana tersebut berhasil memenangkan kriteria Lomba Kekawin Remaja Putra dengan memperoleh Juara I pada Lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi.

Baca Juga :  Jelang Tutup Tahun, Bupati Tamba Ngaturang Bhakti ke Sejumlah Pura Dang Kahyangan di Jembrana

“Seyogyanya lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional tahun 2020 dilaksanakan di Provinsi Maluku, mengingat adanya kondisi Pandemi Covid 19 Tahun 2020 kegiatan tersebut tempatnya dirubah dan ditunda. Selanjutnya kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 27 September 2021 secara luring dan daring, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Sementara lokasi,  untuk provinsi bali di pusatkan di hotel Sthela Ubud, Gianyar Bali,” jelasnya.

Sedangkan untuk pengumuman pemenang lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional diumumkan secara virtual oleh Bali TV pada tgl 21 Oktober 2021 lalu dan untuk kriteria Kekawin Remaja Putra yang pesertanya diwakili oleh perwakilan Kabupeten Jembrana mendapatkan JUARA II Lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional tahun 2021, sambung Mahadikara.

Baca Juga :  Forkopimda Rapatkan Barisan, Komitmen Perangi Pekat

Sementara itu, pemenang lomba I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan (21) asal Desa Poh Santen ,Kecamatan Mendoyo, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jembrana atas masukan-masukan yang telah diberikan.

“Apa yang menjadi arahan bapak Bupati tentunya menjadi bahan bagi saya untuk lebih meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya dalam mekekawin (nyanyian suci Hindu) mengingat hal itu juga sebagai bentuk meningkatkan rasa keagamaan sebagai wujud pemahaman ajaran agama, sradha dan bhakti sebagai landasan terbentuknya ahlak mulia serta Melestarikan dan mengembangkan Dharma Gita di kalangan umat Hindu,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, sebagai bentuk apresiasi Bupati Jembrana menyerahkan bonus dari Pemkab Jembrana sejumlah Rp20 juta kepada pemenang lomba I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan dengan pasangannya Putu Krisna Adi Surya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here