Pelinggih
Dirjen Bimas Hindu Serahkan Bantuan Pembangunan 1.000 Pelinggih kepada Umat Hindu di Gunung Kidul. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Bantuan program Pembangunan 1.000 Pelinggih tersebut diserahkan Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, Tri Handoko Seto kemarin malam, pada Kamis (7/10/2021) lalu kepada Purwanto selaku Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tri Handoko Seto menyampaikan bahwa kontribusi Ditjen Bimas Hindu pada program Pembangunan 1.000 Pelinggih yang digagas PHDI Gunung Kidul sejak tahun 2017 ini merupakan bentuk upaya memperkuat identitas dan jati diri umat Hindu di tengah menguatnya modernisasi.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Sembahyang di Pura Dalem Khayangan Kedaton Desa Adat Kukuh

“Pelinggih adalah salah satu bentuk identitas umat Hindu di Indonesia, program pembangunan ini sebagai bentuk penguatan identitas tersebut,” ungkapnya.

Mayoritas umat Hindu yang tinggal di Kabupaten Gunung Kidul adalah beretnis Jawa yang masih menjalankan tradisi Kejawen secara turun temurun. Selama ini, belum banyak umat Hindu di Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki Pelinggih sebagai tempat beribadah di rumah.

“Kita berharap dengan dibangunnya 1.000 Pelinggih di masing-masing rumah umat Hindu ini, dapat memicu semangat dan rasa bangga yang lebih besar menjadi pemeluk agama Hindu,” sambungnya.

Purwanto selaku Ketua PHDI Kabupaten Gunung Kidul menyambut baik program yang diturunkan Ditjen Bimas Hindu kepada umatnya yang dinilai sangat bermanfaat bagi keberlangsungan tradisi Hindu di tanah Jawa, khususnya Gunung Kidul.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Sembahyang Pujawali di Pura Luhur Muncak Sari
Pelinggih
Dirjen Bimas Hindu Serahkan Bantuan Pembangunan 1.000 Pelinggih kepada Umat Hindu di Gunung Kidul. Sumber Foto : Istimewa

“Ekonomi umat di Gunung Kidul ini masih tergolong sederhana, sehingga dengan program Ditjen Bimas Hindu ini sangat membantu kami, dan saya mewakili umat mengucapkan terima kasih banyak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Tri Handoko Seto menyampaikan bahwa program pembangunan Pelinggih ini akan terus diupayakan hadir sebagai solusi bagi umat Hindu dari di berbagai wilayah.

“Apabila kita temukan permasalahan yang sama di tempat lain, kita upayakan akan dibantu,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News