software akuntansi online
Tips Membeli software akuntansi online yang Tepat. Sumber Foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Perangkat lunak atau software akuntansi online adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan pencatatan akuntansi keuangan. Oleh karena fungsi software ini yang sangat penting, maka Anda harus memperhatikan bagaimana teknik membeli software akuntansi online yang berkualitas. Perusahaan biasanya dituntut untuk menerbitkan laporan keuangan terkini dalam waktu yang cepat. Nah, penggunaan software akuntansi online ini berperan cukup penting dalam proses penyusunan laporan keuangan tersebut

Software akuntansi online diketahui memang lebih cepat dan lebih efisien dalam hal waktu ketimbang melakukan penyusunan laporan keuangan secara manual. Untuk sebuah perusahaan, penyusunan laporan keuangan ini mungkin bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih satu minggu. Sedangkan dengan memanfaatkan software akuntansi online, seorang akuntan atau pekerja yang melakukan penyusunan laporan keuangan bisa menyelesaikan laporannya dalam waktu kurang dari seminggu tentunya.

Manfaat software akuntansi online Bagi Perusahaan

Membuat laporan keuangan secara mudah dan akurat demi kesehatan keuangan perusahaan sebenarnya tidak sulit mengharuskan Anda memiliki latar belakang pada bidang akuntansi. Bagi Anda para pemilik bisnis UKM, berikut empat manfaat software akuntansi online untuk membuat laporan keuangan jadi lebih mudah.

1. Mempercepat Proses Pengelolaan Data

Dibandingkan menyusun laporan keuangan secara manual, penggunaan software akuntansi online dapat mempercepat proses penyusunan menjadi jauh lebih cepat. Pengguna hanya perlu memasukkan data setiap kali terjadi transaksi. Ketika pengguna ingin melihat laporan, contohnya laporan penjualan, cukup mengklik fitur laporan penjualan dan laporan pun akan muncul secara otomatis, sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Praktis, bukan?

Baca Juga :  Buka Baligivation 2024, Pj Gubernur Bali Ajak Semua Pihak “Ngrombo” Akselerasi Transformasi Digital

2. Meminimalisir Kesalahan Perhitungan

Perhitungan secara manual memungkinkan kesalahan perhitungan yang lebih besar dibandingkan perhitungan yang dilakukan oleh sistem. Menggunakan software akuntansi online, memberikan Anda pelayanan melalui perhitungan yang akurat.

3. Mengetahui Kondisi Keuangan Perusahaan Kapanpun dan Dimanapun

Software akuntansi online yang dapat diinstal di smartphone Anda, memungkinkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara real time meskipun Anda sedang tidak berada di kantor. Jika Anda memiliki beberapa kantor cabang, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengetahui kondisi keuangan seluruh cabang Anda kapanpun dan dimanapun.

4. Cukup Satu Kali Kerja

Menyusun keuangan secara manual mengharuskan Anda kerja berkali-kali dengan membuka, menulis, mencocokkan catatan yang terdapat di buku keuangan Anda. Hal itu sangat tidak efektif dan efisien. Dengan sistem yang terintegrasi ketika Anda menggunakan software akuntansi online, cukup sekali kerja, laporan keuangan Anda langsung jadi.

Bagaimana cara membeli software akuntansi online yang berkualitas?

Pada dasarnya membeli software akuntansi online tergantung dengan kebutuhan dari perusahaan atau produsen yang membelinya. Laporan keuangan dari sebuah perusahaan memang pada dasarnya tidak selalu bergantung pada kinerja akuntan dan software akuntansi online yang dikelolanya saja. Seorang akuntan dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan dengan cepat, teliti dan jeli dalam menyusun sebuah laporan dengan memperhatikan seluruh aspek yang ada dalam akuntansi.

Akan tetapi cara ini dinilai kurang efektif dan makin tidak efisien, mengingat semakin maju perkembangan zaman, maka tinggi pula tingkat produktivitas yang diharapkan. Dan dengan adanya software akuntansi online ini, seorang akuntan bisa lebih cepat dalam menyusun laporan keuangan. software akuntansi online pada umumnya digunakan untuk membuat jurnal, neraca keuangan, laporan laba-rugi, penggajian, tagihan, pembayaran pajak, dan sebagainya.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli software akuntansi online, sebaiknya Anda mengetahui dulu aspek-aspek saja yang perlu Anda pertimbangkan untuk membeli software akuntansi online.

1. Ketahui Jenis-Jenis software akuntansi online

Banyak sekali jenis software akuntansi online yang dijual dan dibuat oleh vendor yang berbeda-beda. Pastikan sebelumnya Anda sudah tahu jenis-jenis dari software akuntansi online itu sendiri sebagai salah satu teknik membeli software akuntansi online. Masing-masing software akuntansi online memiliki tingkat kesulitan dan fungsi yang juga beragam.

2. Pilih Perusahaan yang Punya Kredibilitas

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan perusahaan atau kelompok mana yang memang sudah terpercaya dalam penjualan software akuntansi online untuk jenis laporan keuangan dalam usaha Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah, cobalah untuk mencari perusahaan yang sudah mengaplikasikan teknologi terbaru dalam software akuntansi online yang mereka buat. Apabila ada perusahaan atau produsen yang masih menggunakan software akuntansi online yang sudah lawas, lebih baik cari perusahaan lain. Teknologi terbaru tentu saja akan membantu Anda dalam mempercepat proses pengerjaan.

Salah satu software akuntansi online asli buatan Indonesia yang sudah terkenal sangat baik reputasinya adalah Jurnal by Mekari. Jurnal.id merupakan software akuntansi online Online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data 17% selama Idul Fitri 1445 H

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

3. Bandingkan Harga

software akuntansi online ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Tetapi jika Anda memang menginginkan software yang berkualitas, seharusnya Anda menggunakan software akuntansi online yang berbayar. Teknik membeli software akuntansi online yang berikutnya adalah dengan membandingkan harga beli antara produsen software satu dengan produsen lainnya. Tentu saja setiap software yang dibuat masing-masing produsen memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Carilah yang memiliki lebih banyak kelebihan dan harganya paling sesuai dengan budget yang tersedia.

Sebenarnya ada satu lagi hal yang tidak kalah pentingnya dalam membeli software akuntansi online, yaitu dengan mengenali sebuah program yang terstruktur, artinya saat dilakukan indeks, pencarian, penyimpanan, dan printing (terutama print preview) pastikan software akuntansi online yang akan anda beli tidak terlalu lama dalam memproses hal tersebut, karena jika terlalu lama berarti ada penggelembungan dalam program dan kedepannya dapat mengakibatkan aktivitas pencatatan laporan keuangan anda menjadi terhambat secara parah..

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat software akuntansi online untuk penyusunan laporan keuangan perusahaan serta cara memilihnya. Manajemen keuangan yang baik dan profesional tentu saja akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam perusahaan.

So, selamat memilih software akuntansi online yang tepat dengan perusahaan Anda. Semoga tipsnya bermanfaat dan semoga sukses. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News