Pendidikan
Keterlibatan Para Pemangku Kepentingan dalam Kulminasi Akhir Program Pendidikan di Wilayah Kintamani. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Pendidikan adalah hal yang penting untuk kemajuan suatu bangsa, melalui pendidikan suatu bangsa melahirkan generasi penerus yang berkualitas. Dalam prosesnya, tentu saja hal ini tidak hanya menjadi tangung jawab pemerintah semata, namun seluruh pihak memiliki peran dalam mewujudkan gerenari muda calon penerus bangsa.

Salah satu upaya dalam menghadirkan pendidikan berkualitas, Putera Sampoerna Foundation–School Development Outreach (PSF-SDO) didukung penuh oleh Usaha Tegas, Sdn. Bhd dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali menunjuk SMAN 1 Kintamani dalam mengimplementasi Lighthouse School Program (LSP) yang kini telah menginjak tahun terakhirnya. Dalam rangka menandai pencapaian kegiatan dan akhir dari implementasi program Lighthouse School, SMAN 1 Kintamani menyelenggarakan Kulminasi yang didalamnya terdapat dua kegiatan inti yaitu Diseminasi Guru dan Seminar Orang Tua.

Baca Juga :  Gubernur Wayan Koster Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi oleh Putera Sampoerna Foundation

Materi seminar orang tua berfokus pada penguatan pendampingan orang tua dimasa PJJ serta diharapkan dapat memotivasi orang tua siswa untuk mendukung langkah putra putrinya ke jenjang Pendidikan Universitas yang akan dibawakan dengan judul ‘Sadhu Wirasa sebagai Upaya untuk Menjaga Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19’. Tidak tanggung-tanggung, SMAN 1 Kintamani menyiarakan acara talkshow Orang Tua melalui salah satu stasiun TV lokal di Bali secara langsung sehingga dapat dinikmati oleh lebih banyak orang.

Berkaitan dengan tema seminar orang tua, kegiatan diseminasi guru mengangkat tema ‘Pembelajaran Jarak Jauh Interaktif Berbasis Pelantar Digital Edukatif Diseminator’ serta ‘Pembuatan dan Pemanfaatan LKPD Live Worksheet dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19’ yang akan dibawakan langsung oleh guru-guru SMAN 1 Kintamani yaitu Ni Nengah Miniawati, S.Pd., I Wayan Edi Setyawan, S.Pd, I Gusti Ayu Srijati, S.Sn., dan Ni Luh Putu Soniyani, S.Pd.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Laksanakan Upacara Mepeed Serangkaian Karya Ngusaba Betara Turun Kabeh Pura Kehen

“Kegiatan-kegiatan ini merupakan pencapaian dari apa yang telah kami lakukan melalui Lighthouse School Program dengan berbagi pengalaman dan praktik baik kepada guru-guru, siswa, hingga orang tua siswa yang berada di Bali dan sekitarnya. Semua keberhasilan ini tentu didukung oleh Putera Sampoerna Foundation,” ucap I Ketut Ada, Kepala Sekolah SMAN 1 Kintamani, Kamis (16/9/2021).

Lighthouse School merupakan suatu program peningkatan kualitas sekolah secara holistik dan intensif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel, didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM & Bahasa Inggris dengan menerapkan praktek terbaik pembelajaran internasional. Program ini bertujuan untuk membentuk sekolah model yang efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, yang mencapai/ melampaui Standar Nasional Pendidikan sehingga dapat menjadi referensi bagi sekolah lainnya. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here