Pelatihan
Bupati dan Wabup Jembrana Ikuti Diklat Kepemimpinan Kemendagri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba  dan Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bagi Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota non Petahana tahun 2021 secara virtual dari Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Rabu (1/9/2021).

Pelatihan selama 3 hari yang dimulai tanggal 31 Agustus sampai 2 September 2021. Total jumlah peserta 214 yang merupakan kepala daerah se- Indonesia dibagi menjadi 4 sesi.

Tatap maya kedua peserta tersebut yang berlangsung dari hari Selasa sampai dengan hari Kamis ini. Materi hari pertama materi Kewaspadaan Nasional oleh Menhan Prabowo Subianto dan Penanganan Covid-19 dan materi Strategi Penanganan Pandemi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan materi Kebijakan Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19 oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan yang terakhir materi Kewirausahaan oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Pada hari kedua materi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Nasional oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Dr. (H.C.) H. Suharso Monoarfa, materi UU No.11/2020 tentang Cipta Kerja : Peningkatan Ekosistem Investasi dan Kegiatan Berusaha oleh Staf ahli bidang Pengembangan Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi Lestari Indah, materi Sinergi Pengelolaan Keuangan Negara dan Keuangan Daerah di Masa Pandemi Covid-19 oleh Dirjen Pengembangan Keuangan Astera Primanto Bhakti, dan materi Kebijakan Penguatan Ketahanan Pangan Rakyat oleh H. Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga :  Komitmen Penyetaraan Gender, Jembrana Raih Anugerah Parahita Ekapraya kategori Madya dari Kementerian PPPA

Dan hari terakhir materi terkait Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 oleh Kepala BNPB Doni Monardo, dan yang terakhir materi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

Usai mengikuti kegiatan itu, Bupati Tamba dan Wakil Bupati Patriana Krisna menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dilaksanakannya pelatihan dan pembekalan tersebut.

“Acara ini luar biasa, saya sangat mengapresiasi. Kita bisa mendapat ilmu dari berbagai narasumber yang memberikan materi begitu luas dan menginspirasi kepala daerah bagaimana memajukan daerahnya,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengaku banyak ilmu yang didapat dan bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Jembrana. Dengan kegiatan ini, juga bisa membuka wawasan serta silaturahmi dan saling tukar pikiran, khususnya tentang penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Baik dari sisi sistem penyelenggaraan pemerintah, kemudian peningkatan kapasitas pengetahuan perundangan-undangan, dan tata kelola keuangan yang baik dan benar,” terangnya.

Lebih lanjut Pihaknya juga berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif/signifikan terkait pengetahuan, sikap dan keterampilan para Kepala Daerah agar lebih produktif dalam bekerja, lebih inovatif dalam menciptakan rencana kerja dan anggaran serta lebih responsif dalam menyesuaikan realitas kerja yang sangat dinamis. Serta juga diharapkan membangun sinergitas hubungan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini