Sembako
Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, saat menyerahkan bingkisan pada warga Desa Sumerta Kauh, Senin (2/8/2021). Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar kembali membagikan 250 nasi jinggo dan 50 paket sembako keada warga Desa Sumera Kauh, Senin (2/8/2021).

Nasi jinggo dan paket sembako itu diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di Kantor Desa Sumerta Kauh yang didampingi Plt. Kadisdikpora Kota Denasar, IGN Eddy Mulya, Camat Denpasar Timur, Wayan Hermawan, Ketua MKKS SMP Kota Denpasar, I Wayan Murdana, dan Perbekel Desa Sumerta Kauh, I Wayan Sentana.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan,   di Kota Denpasar sekarang sedang mengalami kondisi tren kenaikan kasus Covid-19, guna mengantisipasi dan mempercepat penanganannya, Pemkot Denpasar terus bahkan setiap hari mengevaluasi setiap kebijakan yang telah diterapkan.

“Kuncinya tentu melalui vaksinisasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat. Selain juga upaya memberdayakan Kaling Kadus sebagai tim tracer.Tentu semuanya dilakukan guna mempercepat upaya penanganan agar tren kasus Covid-19 bisa melandai,” ujar Arya Wibawa.

Baca Juga :  DTIK Fest Hadirkan Kontes Ikan Mas Koki Bali, Pelestarian Budaya di Era Digital

Arya Wibawa menambahkan, Pemkot Denpasar juga selalu berupaya menggerakkan sisi ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19. Memang untuk sementara, belum semua sektor bisa disentuh melalui anggaran APBD, namun pola gotong royong terus dioptimalkan sehingga bisa membantu masyarakat Kota Denpasar.

“Bagi masyarakat yang belum tersentuh bantuan, Pemkot Denpasar melakukan gerakan bantuan sembako langsung agar tepat sasaran. Bantuan ini bersumber dari dana gotong royong. Disinilah juga peran pemerintah desa dan kecamatan dalam mendata masyarakatnya yang memang benar-benar membutuhkan agar tepat sasaran. Bila koordinasi semua sektor dilakukan secara tepat, maka akan efektif membantu sektor ekonomi yang terdampak Covid-19 ini,” katanya.

Baca Juga :  OJK Raih Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Terbaik Nasional

Karenanya, ia mengapresiasi kegiatan berbagi dan membangkitkan UMKM di masa pandemi Covid-19 yang diinisiasi oleh Disdikpora Kota Denpasar dengan menggerakkan sekolah negeri maupun swasta untuk melakukan langkah serupa di wilayah masing-masing.

“Dengan begitu muncul vibrasi positif pemberdayaan UMKM dan akan terjadi gerakan kapasitas peningkatan UMKM,” tambahnya.

Menurutnya instruksi Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara memang mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Denpasar agar iut membantu masyarakat Kota Denpasar. Langkahnya yakni bergotong roynh dengan berbelanja di Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Itu gerakan yang sangat bagus. Dengan hanya berbelanja di warung rujak saja sudah mampu menggerakkan UMKM. Apalagi mampu yang lebih dalam membantu masyarakat yang membutuhkan saat pandemi ini, tentu sangat luar biasa,” tegasnya.

Baca Juga :  Rangkaian Nyepi, Pemkot Denpasar Gelar Tawur Agung Tilem Kesanga di Kawasan Catus Pata Patung Catur Muka

Sementara Perbekel Desa Sumerta Kauh, I Wayan Sentana mengatakan bantuan paket sembako kepada masyarakat Desa Sumerta Kauh ini merupakan bentuk sinergitas Pemkot Denpasar dengan Pemerintah Desa melalui program Bapak Angkat Desa Kelurahan yang telah lama berjalan dan semakin diefektifkan untuk membantu masyarakat di masa pandemi ini. Adapun teknis bantuan ini akan langsung disalurkan setelah diserahkan kepada Kepala Dusun masing masing.

“Sebanyak 50 paket sembako ini akan disalurkan kepada masyarakat dengan kategori masyarakat yang positif Covid-19, serta masyarakat yang terdampak pandemi. Harapan kami tentu segala bentuk bantuan pemerintah ini dapat diberikan kepada masyarakat sesuai kebutuhan dan tepat sasaran,” katanya. (tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News