PLN Peduli
PLN Peduli Dukung UMKM Jembrana Kembangkan Ruang Kreatif PLN. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – PLN UID Bali bekerjasama dengan Jembrana Creative Production dan Pusat Layanan Usaha Terpadu mengembangkan ruang kreatif bagi UMKM Jembrana sebagai wadah diskusi dan berbagi untuk mengembangkan inovasi bagi komunitas dan pelaku usaha setempat. Bertajuk Pasar Terang untuk Pemberdayaan Masyarakat, program PLN Peduli kali ini disalurkan dalam bentuk pembangunan ruang kreatif UMKM, beserta kelengkapan pendukung lainnya dengan total sebesar Rp75 juta.

Manager Komunikasi PLN UID Bali, I Made Arya dalam sambutannya saat melaksanakan penyerahan bantuan di kantor PLUT Jembrana, Jumat (27/8/2021), mengatakan bahwa bantuan yang disampaikan kali ini diberikan untuk mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Baca Juga :  Enam Ranperda Disetujui Jadi Perda, Bupati Tamba : Bukti Sinergitas Eksekutif dan Legislatif

“Kita semua menyadari bahwa Pandemi Covid–19, perekonomian Bali secara keseluruhan mengalami keterpurukan, sehingga kami berharap melalui bantuan ini UMKM semakin kuat dan mampu bangkit kembali sebagai penggerak pemulihan perekonomian khususnya di Jembrana,” ungkap Arya.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan, Komang Agus Adinata menyampaikan bantuan ini akan dikemas menjadi Gerai Cokelat yang sekaligus menjadi tempat berlatih seluruh UMKM di Jembrana.

“Kami memiliki misi Gerai Cokelat ini akan menjadi sekolah bagi pengusaha pemula yang dari awal akan didampingi oleh tim PLUT sebagai konsultan bisnis mulai dari pengemasan produk, pemasaran produk dan pembukuan untuk usaha kecil. Selain itu, semoga tempat ini akan menjadi inkubator bisnis dan dapat menjadi ekosistem bagi pemilik usaha pengolahan cokelat,” kata Komang.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan PLN dan berharap melalui upaya ini mampu menjadikan UMKM Jembrana siap bersaing dengan pengusaha dari daerah lainnya serta mampu membangkitkan mentalitas bisnis untuk bangkit terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Baca Juga :  Pasar Umum Negara Sebagai Pusat Niaga dan Ikon Wisata

Irwan, perwakilan komunitas Jembrana Creative Production menyampaikan apresiasinya atas perhatian ruang kreatif yang dibentuk oleh PLN yakni dengan pembangunan Gerai Cokelat.

“Pembangunan Gerai Cokelat ini nantinya diharapkan dapat membantu petani coklat dari hulu sampai hilir sehingga produk coklat Jembrana semakin maju, berkelanjutan dan memberikan profit dan berkontribusi kepada daerah kedepannya,” jelas Irwan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News