Google Pixel 6
Soc Google Tensor. Sumber Foto : twitter.com/madebygoogle

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Akun Made By Google memposting 13 twit pada Selasa (3/8/2021) yang memberikan bocoran yang lebih banyak tentang Smartphone teranyar mereka yaitu Pixel 6 yang akan menggunakan Google Tensor yang dibuat khusus oleh Google sendiri, dimana pada seri sebelumnya Google masih menggunakan chipset Snapdragon buatan Qualcomm.

Keunggulan utama Tensor adalah dapat memproses teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning yang diterapkan oleh Google pada seri Pixel 6. Dari sisi Interface dengan penerapan Material You pada Pixel 6, maka perubahan animasi dan penyesuaian warna mengikuti wallpaper pengguna akan berjalan lebih halus dan rapi sehingga terlihat lebih baik.

Baca Juga :  Beredar Pesan Hoaks Imbau Matikan Ponsel dan Elektronik saat Dampak Radiasi Kosmik Tinggi

Pengenalan Suara atau dikenal dengan speech recognition akan mengalami peningkatan yang signifikan, seperti Transkripsi Langsung atau Live Transcription yang diperkenalkan pada Google IO 21. Dimana pada aplikasi perekam suara, Live Transcription akan mentranslasikan langsung suara yang terekam menjadi teks secara otomatis, fitur Live Transcription baru mulai dijajal pada Android 12.

Berkat Tensor, Google juga telah melakukan kofigurasi ulang untuk kamera belakangnya, dengan sensor yang lebih baik yang tidak akan muat di pada desain segi empat seperti pada lensa Pixel 5 dan Pixel 4. Karena itu pada Pixel 6 digunakan desain kamera baru yang dikenal dengan nama Camera bar.

Baca Juga :  Jaga Kesucian Ibadah Nyepi, Indosat Ooredoo Hutchison Hentikan Sementara Layanan Data Seluler di Bali

Seri Pixel yang sudah ada menggunakan sensor kamera dengan ukuran yang sama sejak Pixel 2. Namun dengan penggunaan chipset Tensor baru, Google akhirnya memiliki kesempatan untuk menggunakan sensor yang lebih besar yang dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

Dari segi keamanan Google memastikan bahwa Tensor akan memiliki core keamanannya sendiri dengan gabungan chip Titan M2 baru. Google mengklaim Pixel 6 akan memiliki keamanan perangkat keras paling banyak di ponsel apa pun.

Namun belum ada informasi lebih lanjut bagaimana dengan seri middle range dari Google Pixel, apalah Seri Google Pixel 5A akan kebagian SoC Tensor juga, atau Google punya rencana sendiri untuk seri tersebut. (kmg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News