Ambulans Astra
Kepala BNPB Ganip Warsito (kiri) sedang mendengarkan penjelasan tentang Daihatsu GranMax Ambulance didampingi oleh CEO Asuransi Astra Rudy Chen (kanan) di Kantor Pusat BNPB, Jakarta Timur, Senin (8/8/2021). Sumber Foto : Istimewa

Penyerahan ambulans ini merupakan kelanjutan rangkaian bantuan terkait penanggulangan Covid-19 dari Grup Astra mulai tahap pertama pada Maret 2020 hingga ketujuh pada Juli 2021 senilai total Rp200 miliar yang telah dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai institusi seperti BNPB, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI), Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, dan sebuah yayasan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bantuan yang telah diberikan tersebut berupa unit kendaraan, ambulans, berbagai perlengkapan medis ruang intensive care unit dan high care unit, ventilator, multi-slice computed tomography scan, alat uji tes, alat pelindung diri, masker, dan paket bahan pokok makanan untuk meringankan dampak sosial bagi masyarakat.

Baca Juga :  UGM Terima 2.821 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Perkuat Penyaluran Bantuan

Untuk memperkuat rangkaian penyaluran bantuan tersebut, perusahaan-perusahaan Grup Astra sejak Maret tahun lalu juga turut aktif berkontribusi menyerahkan berbagai bantuan untuk mendukung pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan.

Salah satunya berasal dari Asuransi Astra, perusahaan asuransi umum sebagai bagian dari Astra Financial dan anak perusahaan Grup Astra, juga turun tangan memberikan peace of mind di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ikut berkontribusi dalam memberikan ventilator, ambulans dan penyaluran dana sosial peserta Asuransi Astra syariah dengan total nilai Rp2 miliar pada tahun 2020 dalam bentuk bantuan sembako. Program kampanye sosial #MaskerTemanTuli Asuransi Astra juga berhasil mendonasikan 6.400 masker Teman Tuli, 1.100 paket sembako di 24 kota, beasiswa dan laptop untuk SLB B Sana Dharma, sekolah bagi anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengaran atau tunarungu.

Toyota-Astra Motor juga telah menyalurkan donasi cepat tanggap berupa 300 tabung oksigen beserta portable bed, oximeter, paket alat pelindung diri level tiga, vitamin, dan suplemen senilai Rp1,55 miliar untuk enam rumah sakit yang tersebar di empat provinsi. Sebelumnya, ada juga bantuan berupa tiga unit Toyota Kijang Innova ambulans melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bagi Dinas Kesehatan Papua, serta satu unit Toyota Kijang Innova ambulans untuk PMI pusat.

Baca Juga :  Maknai Kebaikan Ramadan, Ribuan Mitra Pengemudi Shopee se-Indonesia Berbagi Takjil

Sentra Vaksinasi Untuk Masyarakat

Untuk mendukung terwujudnya kekebalan kelompok pada masyarakat (herd immunity), Yayasan Dharma Bhakti Astra dan Dana Pensiun Astra juga telah mengadakan Sentra Vaksinasi untuk masyarakat. Secara bertahap, Grup Astra juga sedang melakukan Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawan Grup Astra dan keluarga inti mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News