Mengajar
Bank Indonesia Provinsi Bali Edukasi Masyarakat Melalui Program BI Mengajar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali menggelar Program Bank Indonesia Mengajar pada Kamis (5/8/2021) di SMK Negeri 2 Denpasar. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut dihadiri oleh 20 orang siswa secara luring dan 502 siswa secara daring.

Program Bank Indonesia Mengajar ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata Bank Indonesia dalam peningkatan literasi ekonomi dan kebanksentralan melalu kegiatan pengajaran. Program ini juga menjadi sarana komunikasi kebijakan yang dikemas dalam materi edukatif dan menarik sehingga mudah dipahami oleh peserta.

Baca Juga :  Sebanyak 496 Orang Manfaatkan Pelayanan di MPP Kota Denpasar Saat Cuti Bersama Idul Fitri

Dalam kesempatanya, Kepala KPwBI Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan bahwa, Program Bank Indonesia Mengajar ini dilaksanakan secara serentak oleh Kantor Pusat Bank Indonesia dan seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dari tanggal 1-15 Agustus 2021 sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT BI ke-68 dan HUT RI ke-76. Adapun tema kegiatan adalah ‘Memperkuat Inovasi, Sinergi, dan Kepedulian Sosial sebagai Kontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional’.

“Materi yang disampaikan terdiri dari pengenalan Bank Indonesia sebagai bank sentral, bauran kebijakan Bank Indonesia, digitalisasi sistem pembayaran berbasis QRIS serta Cinta, Bangga, Paham Rupiah. Materi juga dilengkapi dengan video komunikasi sebagai visualisasi untuk meningkatkan pemahaman tugas dan peran Bank Indonesia,” ujar Trisno.

Baca Juga :  Pertamina Tambah 130 Ribu Lebih Tabung LPG untuk Pulau Bali

Dalam hal ini, Trisno berharap Program Bank Indonesia Mengajar dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta terkait peran dan kebijakan Bank Indonesia yang sangat penting di dalam perekonomian bangsa, termasuk peran yang makin meningkat di era digital dan untuk kontribusi bagi Indonesia Maju.

SMKN 2 Denpasar merupakan sekolah menengah kejuruan yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sehingga bisa diserap di dunia usaha/industri. Untuk mencapai tujuan tersebut, peserta didik dibekali pengetahuan digitalisasi ekonomi dan keuangan sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung pada Program Bank Indonesia Mengajar ini.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News