Hutan
Wujudkan Misi Wana Kerthi, Wabup Patriana Gotong Royong Pasang Papan Zona Larangan Kawasan Hutan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna menyerahkan bantuan dan gotong royong pemasangan papan zona larangan memasuki kawasan hutan bertempat di Sekretariat Kelompok Tani Hutan Werdhi Wanarta, Lingkungan Munduk Anyar, Kel. Tegalcangkring, Mendoyo, Minggu (25/7/2021).

Kegiatan itu salah satu upaya mewujudkan misi Pemerintah Daerah Jembrana dalam pelestarian dan menjaga kesucian hutan dan pegunungan (Wana Kerthi).

Ia mengapresiasi Kelompok Tani Hutan (KTH) Werdhi Wanarta yang telah membantu pemerintah daerah dalam menjaga alam. Khususnya dengan melaksanakan gotong royong dalam pemasangan papan zona larangan di kawasan hutan.

“Saya sangat mengapresiasi langkah KTH Werdhi Wanarta atas kepeduliannya menjaga pelestarian hutan dan semoga ini bisa ditiru oleh kelompok lainnya serta desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Jembrana khususnya menjaga kawasan hutan yang ada di Jembrana,” kata Wabup Patriana usai penyerahan bantuan dan gotong royong pemasangan papan zona larangan.

Baca Juga :  Wabup Ipat Sampaikan Pendapat Bupati atas Ranperda Inisiatif Dewan

Wabup Patriana menuturkan, meski pada situasi pandemi Covid-19 ini, tentu tantangan sangat berat akan tetapi, tanggung jawab untuk menjaga kelestarian hutan tidak boleh tertunda. Apalagi Kabupaten Jembrana sendiri sangat-sangat berkomitmen dalam pelestarian kawasan hutan berserta lingkungan yang tertera pada visi yaitu mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana dengan misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, salah satu misinya adalah Wana Kerthi. Sehingga apa yang dilaksanakan kali ini sangat sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Jembrana.

“Jadi sekali lagi, mari bersama-sama berkomitmen bahwa alam dan lingkungan ini perlu kita peliharan, rawat, jaga secara bersama-sama sehingga nantinya mampu memberikan manfaat secara konservasi, social dan ekonomi untuk keberlangsungan kehidupan kita kedepannya. Mari kita jadikan momentum ini sebagai tonggak untuk melaksanakan pelestarian lingkungan khususnya hutan dalam rangka mewujudkan Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana,” ujarnya.

Baca Juga :  Kawal Program BAAS, Bupati Tamba dan Wabup Ipat Kompak Kunjungi Anak Stunting

Sementara Ketua KTH Werdhi Winarta, I Ketut Dantra menyampaikan, terima kasih kepada bapak Wakil Bupati Jembrana atas kehadiran untuk bisa bersama-sama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong pemasangan papan zona larangan dalam kawasan hutan ini. Salah satunya melarang melakukan perusakan hutan demi menjaga kelestariannya.

“Apa yang menjadi arahan bapak Wakil Bupati tadi tentunya akan menambah motivasi dan semangat seluruh anggota kelompok ikut bersama-sama dalam rangka mewujudkan Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, salah satunya yaitu Wana Kerthi, menjaga kelestarian hutan berserta seleruh ekosistem yang ada didalamnya. Kami dari KTH Werdhi Winarta sangat-sangat berkomitmen akan hal tersebut dan mendukung penuh langkah pemerintah daerah khususnya dalam pelestarian kawasan hutan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pertama di Bali, BPD Bali Pilih Jembrana Luncurkan Kredit Pembiayaan Sektor Prioritas

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari UPT KPH Bali Barat, Lurah Tegalcangkring, beserta seluruh anggota kelompok KTH Werdhi Winarta.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News