Ngaben
Pantau Upacara Ngaben, Danramil Gianyar Ingatkan Prokes dan Bagikan Masker. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Kegiatan Ngaben bagi masyarakat Bali khususnya di Gianyar merupakan ritual yang penting untuk dilaksanakan.

Di saat Pandemi Covid-19 kegiatan Ngaben tetap dilaksanakan namun juga harus berpedoman kepada protokol kesehatan (Prokes) agar kegiatan Upacara Ngaben tetap berjalan aman dan lancar.

Danramil 1616-01/Gianyar Kapten Inf Hengky Histoveri menyampaikan hal tersebut saat memantau langsung kegiatan Upacara Pengabenan di Desa Adat Geria Sakti, Banjar Kabetan Kelod, Desa Bakbakan Gianyar, Kamis (29/7/2021).

Danramil bersama Camat Gianyar I Wayan Widana dan Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira pada kesempatan tersebut juga menyerahkan sejumlah masker yang nantinya dapat dimanfaatkan selama pelaksanaan Upacara Ngaben. Bantuan masker tersebut diserahkan kepada Bendesa Adat Geria Sakti Ida Bagus Putu Gargita.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Ngupasaksi Dewa Yadnya Lan Rsi Yadnya di Giria Gede Jumpung Desa Sesandan

“Kita berharap dengan bantuan masker ini akan bermanfaat untuk melindungi diri serta mencegah penyebaran Covid-19,” sebut Danramil.

Bendesa Adat Geria Sakti Ida Bagus Putu Gargita, menyampaikan terima kasih atas perhatian Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Gianyar yang telah datang untuk melihat pelaksanaan Upacara Pengabenan di Desa Adat Geria Sakti, Kabetan Kelod, Bakbakan.

“Matur suksma (terima kasih) kepada bapak-bapak semua atas perhatiannya pada pelaksanaan Upacara Ngaben di Desa Adat Geria Sakti,” ungkapnya seraya mengatakan sejauh ini pelaksanaan rangkaian Upacara Ngaben dapat berjalan aman dan lancar serta senantiasa untuk mengingatkan krama desa adat terkait penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 saat ini. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News