Top 45
Bupati Buleleng Ingin Desa Lain Ikuti Inovasi Desa Tembok. Sumber Foto : Istimewa

“Desa Tembok kali ini lolos sebagai salah satu top finalis KIPP 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB RI. Desa tembok sendiri lolos sebagai wakil dari Kabupaten Buleleng. Memang tidak desa kita saja, ada beberapa desa lain atau kecamatan lain dan juga beberapa OPD. Cuman kebetulan kita saja yang lolos di top 99 kali ini,” jelasnya.

Inovasi yang diajukan untuk diikutkan dalam KIPP 2021 adalah pada bidang kesehatan, yakni Poskesdes dan Jaminan Kesehatan Desa (JKD). Poskesdes yang berdiri sejak 2017 ini merupakan fasilitas kesehatan desa yang disediakan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sedangkan JKD adalah sebuah program lintas bidang yang mensinergikan antara kebijakan kesehatan dengan isu lingkungan.

Baca Juga :  K-MBSS dan RSUD Prof. Ngoerah Berkolaborasi Gelar Lokakarya Hands-On Estetika Staf Medis Korea

“Jadi kita buat sebuah model asuransi yang preminya dibayar dengan komitmen. Komitmen untuk memilah sampah, ikut bank sampah, dan menjaga kebersihan lingkungan. Nah hanya dengan melakukan tiga hal tadi, setiap penduduk siapapun itu boleh menjadi peserta JKD. Ketika mereka sudah menjadi peserta, seluruh tanggungan biaya pelayanan kesehatan mulai dari promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, pelayanan ambulance, persalinan dan layanan lainnya sampai dengan home visit dan home care itu tidak dikenakan biaya apapun,” pungkas Yudi Astara.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News