Pramuka
Kwarcab Pramuka Buleleng Gelar Kursus Pengelolaan Dewan Kerja Secara Virtual. Sumber Foto : Istimewa

“Kegiatan ini sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya, hanya tahun lalu yang tidak ada karena pandemi. Sekarang kita lanjutkan tetapi melalui virtual,” imbuhnya.

Dilokasi yang sama, Kepala Pusdiklatcab Pasupati Buleleng, Ketut Sumenari menjelaskan ini merupakan forum pertemuan penegak dan pandega  tentang pengelolaa dewan kerja mulai dari tugas pokok dan fungsi dewan kerja, pelaksanaan musyawarah dewan kerja dan administrasi dewan kerja.

“Materi yang pertama memberikan orientasi dulu kepada DKC terutama yang baru. Kemudian bagaimana hubungan kerjanya, karena DKC itu termasuk bagian dari Kwarcab,” jelasnya.

Dengan diberikan materi tersebut, DKC itu tahu penempatan dirinya, dalam berkoordinasi dengan kwartirnya, sehingga nanti didalam melaksanakan tugas, tidak lepas dari pengawasan orang dewasa. Kemudian tentang bagaimana memotivasi DKR ranting se-Buleleng. Peran DKC terhadap Kwarcab, tata laksana pengorganisasian, membuat administrasi sampai pembuatan pelaporan

Baca Juga :  Kominfosanti Buleleng Ikuti Entry Meeting dan Sosialisasi Pelaksanaan EPSS 2024 Secara Virtual

“Termasuk juga nanti bagaimana mereka melakukan sidang-sidang ataupun Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera (Musppanitera) dalam kegiatan DKC. Sehingga menghasilkan sesuatu yang baik terhadap kwartirnya,” tutup Sumenari.

Pelaksanaan KPDK kali ini dilaksanakan ditengah keterbatasan akibat adanya Pandemi Covid-19 dan pemberlakukan PPKM darurat Wilayah Jawa dan Bali yang membatasi kegiatan untuk mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat. Partisipasi Peserta Penegak dan Pandega secara virtual dalam Kegiatan Kursus Pengelolaan Dewan Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng Tahun 2021 menandakan semangat peserta Pramuka Penegak dan Pandega  untuk membina dan menempa diri dengan semangat luar biasa. Jarak tidak menjadi halangan untuk menyatukan kebersamaan jiwa kepemimpinan dan sosial untuk Pramuka Penegak dan Pandega di Kwartir Cabang Buleleng.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News