Sangeh
Taman Wisata Alam Sangeh. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Berbicara tentang wisata alam di Bali, tentu anda akan menemukan banyak sekali refrensi destinasi wisata–wisata alam yang ada di Bali. Saat kita berbicara tentang Bali, tentu yang ada di benak pikiran anda adalah keindahan alam pantainya. Selain pantai, Bali juga memiliki wisata alam hutan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah wisata alam Monkey Forest, di Kabupaten Badung, terdapat wisata alam Monkey Forest yang tak kalah terkenal dari Ubud Monkey Forest, yaitu Taman Wisata Alam Sangeh, Sangeh juga merupakan salah satu Monkey Forest yang cukup populer di Bali, objek wisata alam Sangeh sudah menjadi pilihan para pelancong yang ingin melihat canda riang ratusan monyet yang hidup di alam bebas.

Selain monyet, di tempat wisata alam Sangeh anda juga akan menemukan sebuah Pura, yang sangat dijaga kesuciannya oleh masyarakat sekitar.

Kawasan wisata alam Sangeh sudah ada sejak tahun 1969, pada tahun 1971 taman wisata sangeh ini mulai dikembangkan sebagai tempat wisata alam secara professional oleh Kerajaan Mengwi pada masa itu. Wisata alam Sangeh juga merupakan tempat habitat bagi para monyet ekor panjang yang cukup jinak, memiliki ciri khas hutan homogen dengan luas sekitar 10 hektar yang juga rumah bagi 54 jenis tanaman flora seperti amplas, pule, buni, dan cempaka kuning.

Baca Juga :  Terbang Perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Turkish Airlines Layani Rute Istanbul - Denpasar

Taman wisata alam Sangeh terletak 20 kilometer di sebelah utara Kota Denpasar, tepatnya di Desa Sangeh, Kabupaten Badung, persis seberang jalan menuju Pelaga. Jika anda melakukan perjalanan dari Kota Denpasar, akan memakan waktu sekitar kurang lebih 45 menit perjalanan darat untuk dapat mencapai ke lokasi ini.

Memasuki areal taman wisata Sangeh, anda diharuskan membeli tiket masuk sebesar Rp10 ribu untuk dewasa, dan Rp5 ribu untuk anak–anak, selain itu, masyarakat sekitar juga menjual panganan kecil untuk kera–kera, sehingga anda bisa merasa lebih dekat untuk bisa berinteraksi dengan monyet–monyet yang ada disini.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah 6,5 Miliyar Rupiah di Kekeran

Selain memiliki daya tarik yang unik karena terdapat banyak monyet di area nya, taman wisata alam Sangeh juga memiliki cerita sejarah atau mitos Pohon Lanang Wadon, sebuah nama untuk pohon Pala yang sangat besar yang berada di areal taman wisata alam Sangeh. Yang konon katanya pohon ini melambangkan pria dan wanita dan sangat disucikan bagi masyarakat sekitar.

Perlu juga anda perhatikan, saat berkunjung ke tempat ini jangan sampai anda mengganggu habitat dari pari monyet – monyet yang ada disini. Walaupun tergolong jinak, mereka juga dapat agresif jika diganggu. Selain itu, barang bawaan anda juga harus dijaga dengan baik saat mengunjungi tempat ini.

Baca Juga :  Ternyata Ini Awalnya Warga Dijangkiti Penyakit di Sibang Kaja

Saat ini taman wisata alam Sangeh sudah menyediakan fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya seperti, pusat layanan informasi, pemandu wisata, jasa foto, dan juga tempat penjualan souvenir.

 Berkunjung ke taman wisata alam Sangeh, dengan melihat keceriaan binatang primata, dibalut keteduhan hutan yang sangat luas. Cukup membuat hati menjadi damai dan tenang, di tengah suasana alam yang asri, sehingga menjadikan Taman Wisata Alam Sangeh sebagai destinasi wisata yang wajib untuk anda kunjungi selama berlibur di Pulau Bali. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini