Nirwasita Tantra 2020
Satu-satunya di Bali Nusra, Buleleng Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2020. Sumber Foto : Istimewa

“Laut kita diandalkan sekali oleh nelayan. Tapi kalau di atas kotor, terus tidak terjaga, ikan susah, terumbu karang rusak, ini penting sekali,” ucap Agus Suradnyana.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng Gede Melandrat, Penghargaan Nirwasita Tantra ini tidak serta merta langsung didapatkan. Ini merupakan penilaian oleh pemerintah pusat melalui KLHK RI terhadap kinerja daerah di bidang lingkungan.

Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) rutin dikirimkan ke KLHK RI. Selain itu, kinerja selama ini sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Buleleng tentang bagaimana pembangunan di bidang lingkungan yang berlandaskan Tri Hita Karana.

“Dalam hal pembangunan berkelanjutan. Karena ini berbasis Tri Hita Karana tentunya lingkungan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan,” ujar dia.

Baca Juga :  Minum Wine Bisa Cegah Kanker? Ini Dia Bulde Wine!

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali Nusra Ni Nyoman Santi menyebutkan berbagai pendampingan telah dilakukan sehingga Buleleng mendapatkan kembali penghargaan ini. Mulai dari bedah DIKPLHD. Kemudian, melihat apa yang perlu disempurnakan.

“Kami berharap Buleleng dapat mempertahankan dan kabupaten lainnya dapat mengikuti,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News