Kakao
Gubernur Koster Dukung Rencana Bupati Jembrana Kembangkan Produk Kakao dari Hulu sampai Hilir. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Kekayaan di bidang pertanian yang dimiliki Kabupaten Jembrana, salah satunya kakao, terus menjadi perhatian Gubernur Bali, Wayan Koster guna mewujudkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali guna meningkatkan lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perhatian tersebut diberikan oleh Gubernur Koster saat orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Bali ini hadir dalam acara Pementasan Pagelaran Kolosal Drama Tari ‘Bung Karno di Bawah Pohon Sukun’ yang berlangsung di panggung terbuka Pura Jagatnatha, Kabupaten Jembrana pada, Senin (21/6/2021).

Baca Juga :  Disetujui Kemendagri, TPP ASN Jembrana Segera Cair

Bupati Jembrana, Nengah Tamba menyampaikan bahwa kakao di Jembrana sangat luar biasa. Apabila musim panen, Kita hampir punya 4.000 ton, tetapi yang hanya bisa di ekspor sebanyak 75 ton.

“Karena itu, saya akan mendeklarasikan ke depan, kalau hari ini sudah biasa ada coffee morning, teh morning, maka nanti akan ada Chocolate morning,” kata Bupati Tamba di hadapan Gubernur Bali seraya mengatakan cokelat ini juga akan kami masyarakatkan dan tidak kami eksklusifkan.

Mendengar hal tersebut, Gubernur Bali jebolan ITB ini menegaskan kakao di Jembrana sangatlah terkenal, untuk itu pihaknya sangat mendukung rencana Bupati Jembrana untuk mengembangkan produk kakao ini dari hulu sampai hilir dan harus betul-betul memberi nila tambah ekonomi dan kehidupan bagi masyarakat di Jembrana.

Tidak hanya kakao, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini juga menilai Kabupaten Jembrana memiliki keunggulan di bidang seni budaya hingga di kerajinan rakyat.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News