Bapang Barong
Perekaman Wimbakara (Lomba) Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal di Panggung Terbuka Ardha Candra, Art Center Denpasar, Minggu (6/6/2021) malam. Sumber Foto : Istimewa

Kordinator Sekeha, I Made Nadi mengatakan, Tari Barong merupakan salah satu tarian yang berasal dari Bali yang menceritakan tentang mitologi gambaran Binatang yang memiliki kekuatan gaib dan dapat melindungi manusia dari serangan mahkluk jahat.

“Tarian ini merupakan peninggalan kebudayaan Pra-Hindu yang melambangkan pertempuran antara Kebaikan (Dharma) dan Kejahatan (Adharma). Kebaikan dan Kejahatan selalu berdampingan atau yang disebut juga Rwa Bhineda,” jelasnya

Dikatakannya, tarian ini dikemas dengan pakem Tari Bali meliputi Pepeson, Pengawak,dan Pekaad yang diiringi dengan gamelan Bebarongan atau Gong Kebyar meliputi tabuh Gilak Petopengan, Goak Macok dengan Pengadeng, Ngintip Jangkrik dan Omang.

“Tentu dengan segala latihan yang terus dioptimalkan kami berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Kota Denpasar,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini