Mata AIr
Wabup Kasta Lirik Potensi Mata Air Pura Beji Jungut Keluarkan 19 Liter Per Detik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta meninjau sumber mata air Pura Beji yang terletak di bantaran sungai Tukad Goa Gaja di Dusun Jungut, Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Senin (10/5/2021).

Untuk mencapai sumber air ini diperlukan tenaga ekstra karena harus berjalan kaki melalui jalan tanah setapak yang terjal dan belum diisi anak tangga sejauh 200 meter.

Air ini belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga air dari mata air Pura Beji ini sebagian besar terbuang percuma ke sungai Tukad Goa Gaja. Diperkirakan, mata air ini mengeluarkan air 19 liter per detik. Warga setempat hanya mampu mengambil air dari mata air ini menggunakan botol galon plastik dan sebagai tempat pesucian Ida Betara Desa Adat Jungut

Dalam tinjuannya, Wabup Kasta yang didampingi tokoh masyarakat serta Pemuda berharap Desa Bungbungan dapat mengembangkan potensi ini sehingga dapat menambah pendapatan desa.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

“Kalau semua mata air disini ditata dengan dibuatkan kolam pemandian dan diangkat untuk memenuhi air bersih serta dijadikan objek wisata, pasti akan mampu meningkatkan pendapatan desa,” ujar Wabup Kasta

Sedangakan Kelian Dusun Jungut, Wayan Wilajana mengatakan, air selama ini dibelum dimanfaatkan secama optimal, dan tebuang karena letaknya yang cukup jauh dan harus menuruni jalan yang terjal.

“Kami sangat berharap kepada pemerintah daerah bisa membantu pembuatan jalan menuju mata air, tempat pemandian dan jadikan untuk memenuhi air bersih,” harap Wayan Wilajana. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News