Bangkit
Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster. Sumber Foto : Istimewa

Oleh sebab itu, selaku Ketua Dekranasda Bali Ny Putri Koster gencar mengkampanyekan gerakan pelestarian hasil kerajinan khas Bali agar selaras dengan upaya pengembangan. Salah satu gebrakan Dekranasda Bali di tengah pandemi Covid-19 adalah memfasilitasi pelaku IKM/UMKM untuk mengikuti pameran Bali bangkit di areal Taman Budaya. Dan bekerja sama dengan Balimall.id, menurut perempuan multitalenta ini, juga mendorong pelaku IKM/UMKM untuk menggunakan platform digital.

Pada bagian lain, ibu dari dua putri ini sangat berharap dukungan dari kalangan akademisi untuk mengadakan penelitian terkait berbagai persoalan yang dihadapi pelaku IKM/UMKM di Daerah Bali. Hasil penelitian itu nantinya akan dijadikan bahan evaluasi untuk mendorong kemajuan IKM/UMKM.

Baca Juga :  Ketua AMSI Bali: Hoaks Menurunkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat pada Pemberitaan Media

CEO Baliyoni Ni Wayan Sri Ariyani menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Ny Putri Koster. Ia pun bercerita tentang perjuangan yang dilaluinya dari awal pendirian Baliyoni hingga melebarkan sayap pada bidang e-marketplace dengan mengusung brand lokal Bali. Menurut dia, langkah untuk mewujudkan sebuah e-marketplace tidaklah mudah. Selain membutuhkan biaya yang sangat besar dan bersaing dengan brand yang sudah terkenal, juga dibutuhkan tenaga IT yang mumpuni. Usai terbentuk dalam kurun setahun, ia bersyukur Balimall.id berkembang cukup baik dan bermanfaat bagi pelaku IKM/UMKM lokal Bali.

Sementara itu, perayaan HUT Baliyoni dan Balimall ditandai dengan pemotongan tumpeng, berlangsung dengan khidmat dan tetap menjalankan protokol kesehatan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News