Busana Adat Bali
PDI Perjuangan Provinsi Bali Gelar Lomba Desain Kreasi Busana Adat ke Kantor Pakem Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Meski dalam situasi pandemi wabah global Virus Corona (Covid-19) DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Balimenggelar acara “Lomba Desain Kreasi Busana Adat Ke Kantor Pakem Bali”.

Ajang lomba ini sangat sejalan pula dengan momentum perayaan ulang tahun PDI Perjuangan ke-48 bertema Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan sekaligus sebagai upaya memantapkan implementasi program Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Tentunya, hal ini sebagai tanggung jawab seluruh simpatisan, anggota, dan kader partai dalam mengimplementasikan peraturan gubernur (Pergub) Bali No. 79 tahun 2018 terkait penggunaan busana adat Bali sesuai etika dan estetika budaya Bali dan karakter bangsa, dan Surat Edaran Gubernur Bali No. 04 tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Ikat atau Endek Bali.

“Payung hukum ini sebagai upaya nyata pemerintah dalam melestarikan busana adat Bali dan kain tenun tradisional Bali yang kini telah mengalami degradasi,” ucap Ni Wayan Sari Galung.

Baca Juga :  Usung Tema Saguna Prawerthi, Festival Beraban Tahun 2024 Kembali Digelar

Ni Wayan Sari Galung, S.Sos selaku koordinator lomba menjelaskan bahwa ajang lomba ini merupakan implementasi tanggungjawab seluruh simpatisan, anggota dan kader partai PDI Perjuangan terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan nusantara terutama budaya Bali.

Ini tanggung jawab kita bersama sebagai kader PDI Perjuangan untuk menyosialisasikan penggunaan busana adat yang sesuai dg pakem dimana dalam pakem tersebut terkandung filosofi mendalam yang menjadi warisan serta tradisi dari para leluhur.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News