Pura Ulun Sui
Pengelukatan Pura Ulun Sui Dibangun di Karang Agung, Lampung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, LAMPUNG – Film dokumenter berjudul Pangapti (1963) yang diproduksi pada Oktober 2020 lalu kini ditindaklanjuti oleh Tim Produksi dengan membangun Pengelukatan Pura Ulun Sui, Karang Agung di Way Kanan Lampung.

Koordinator Tim Produksi MD Astrama menuturkan pembangunan akan dimulai pada akhir Mei 2021 ini yang dananya dihimpun dari donasi umat Hindu se-Indonesia.

“Donasi kita buka mulai awal Maret 2021 lalu, hingga hari ini sudah terkumpul sekitar lima puluh empat juta rupiah dari target seratus juta rupiah,” ungkap Astrama yang juga sebagai editor film.

MD Astrama menambahkan, dibangunnya Pengelukatan Pura Ulun Sui merupakan bentuk kepedulian generasi muda pada kelestarian Hindu khususnya transmigran Hindu Bali yang masih ada dihadapkan pada ketertinggalan.

“Karang Agung ini khususnya Dusun Karang Sari ini termasuk dalam wilayah pelosok, jalannya masih tanah merah kalau hujan sangat lengket dan sampai sekarang masih rawan begal. Makanya luput dari perhatian pemerintah,” sambungnya.

Pura Ulun Sui terletak di Dusun Karang Sari, Desa Karang Agung, Kecamatan Pakuan Ratu, Way Kanan Lampung yang berlokasi di tengah hutan dan ribuan hektar kebun tebu milik PT. Pemuka Sakti Manis Indah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini