UMKM
Roadshow On-Boarding UMKM Bali Batch II. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pada hari ini, Senin, (26/4/2021), Bank Indonesia berkerjasama dengan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Daerah se-Bali, IdeA, 10 penyedia platform marketplace dan 5 PJSP melaksanakan Pembukaan Roadshow On-Boarding UMKM Bali Batch II secara virtual yang dihadiri oleh sekitar 250 UMKM se-Bali.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sama di bulan Februari, dimana dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) 2021, Kemenko Maritim dan Investasi, KPw Provinsi Bali dan Pemprov Bali telah menyelenggarakan program On-Boarding UMKM Bali batch I.

Baca Juga :  MK Tolak Gugatan Pilpres, De Gadjah : Sudah Kehendak Rakyat

On-Boardingg UMKM Bali batch II tersebut akan berlangsung dari tanggal 26-30 April 2021 dimana 10 marketplace yang terlibat akan memberikan pelatihan-pelatihan secara intensif kepada UMKM dalam mendigitalisasikan pemasaran dan penjualan. Selain itu, melengkapi pengetahuan era digital bagi UMKM, 5 PJSP juga akan membekali UMKM dalam mendigitalisasikan pembayaran.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Bapak Trisno Nugroho menyampaikan UMKM Bali perlu memanfaatkan pemasaran dan penjualan secara digital melalui marketplace.

“Mengingat produk Bali diminati oleh berbagai masyarakat, maka dengan memanfaatkan marketplace, UMKM Bali dapat menjangkau pasar se-Indonesia dan diharapkan dapat bertahan di masa pandemi saat ini,” ujar Trisno.

Lebih lanjut disampaikan Digital Competitiveness Index Bali berada di posisi 4 se-Indonesia, hal tersebut menunjukan bahwa Bali siap menyongsong era digital sejalan dengan perkembangan infrastruktur yang ada. Oleh karena itu, UMKM di Bali harus bisa memanfaatkan infrastruktur yang ada dalam rangka mendigitalisasi usahanya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News