Vaksin
Wabup Suiasa disaat memantau pelaksanaan vaksinasi di zona hijau beberapa waktu yang lalu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen menuntaskan pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya khususnya di daerah pariwisata. Setelah suksesnya pelaksanaan vaksinasi pada zona hijau, akan dilanjutkan pelaksanaan vaksinasi di luar zona hijau.

Bahkan, mulai hari Kamis ini, vaksinasi dilaksanakan dengan memperluas zona hijau di seluruh kelurahan se-Kecamatan Kuta dan seluruh desa di Kuta Selatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kadis Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta dan Kabag Humas Made Suardita di Rumah Jabatan Wakil Bupati Puspem Badung, Rabu (7/4/2021) kemarin.

Lebih lanjut Wabup Suiasa menyampaikan pelaksanaan vaksinasi fase kedua ini diprioritaskan menyasar para pelaku pariwisata, petugas publik, masyarakat dan lansia dimana sasaran vaksinasi sudah didata oleh para kaling dan kelian dinas. Untuk mensukseskan pelaksanaanya Pemkab Badung akan melibatkan 56 tim dan ditargetkan tuntas sebelum Galungan. “Target kami sebelum Galungan sudah tuntas,” tegasnya.

Baca Juga :  Punya Strategi Rahasia, Bupati Mahayastra: Secepatnya Gianyar Akan Bebas Covid-19

Suiasa mengatakan untuk di Kuta akan diterjunkan 26 tim dan di Kuta Selatan 30 tim yang merupakan kolaborasi petugas vaksinator dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, RS Mangusada, Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Unud, Stikes Bina Usada, Stikes Mandiri Mumbul Nusa Dua. Untuk jumlah sasaran dikatakan sekitar 68 ribu terdiri dari 51 ribu di wilayah Kuta dan 17 ribu di wilayah Kuta Selatan.

“Untuk wilayah Kuta Selatan menyasar seluruh desa yang meliputi Desa Ungasan, Kutuh dan Pecatu sedangkan di Kuta meliputi 4 kelurahan yakni Seminyak, Legian, Kuta, dan Kedonganan. Sedangkan untuk Tuban sudah masuk dalam program zona hijau bersama kawasan Nusa Dua,” ujarnya.

Untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi ini Suiasa mengajak kerjasama dan sinergitas seluruh perangkat daerah terkait, perbekel, lurah, kelian dinas, kepala lingkungan tempat dilaksanakannya vaksinasi. Hal ini guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Hadiri Vaksinasi Massal di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya

“Kita harus selalu siap untuk bergerak dan menghimbau kepada masyarakat kalau vaksinasi akan dilaksanakan. Inilah yang harus kita skemakan bersama agar saat dilakukan vaksinasi tidak terjadi kesalahpahaman serta penumpukan saat vaksinasi,” katanya seraya mengharapkan kerjasama perbekel, lurah, kelian dinas dan kaling dalam menyiapkan tempat yang representatif untuk kelancaran vaksinasi.

Untuk kelancaran kegiatan ini dikatakan juga petugas data dan pencatat kesehatan sudah disiapkan. Demikian pula dengan jaringan internetnya sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kominfo agar jaringan internet di lokasi vaksinasi tersebut diperkuat dan diprioritaskan supaya pelaksanaan vaksin dapat terlaksana tertib dan lancar.

Suiasa melanjutkan untuk pencapaian zona hijau merupakan harapan bersama. Karena dengan telah divaksinnya seluruh masyarakat Kuta dan Kuta Selatan yang merupakan kawasan pariwisata dan Badung umumnya, tentunya akan memberi kepercayaan diri kepada masyarakat.

Baca Juga :  Tawur Kesanga Akan Dipusatkan di Catus Pata Kerobokan

“Apalagi dalam menyambut pembukaan pariwisata sesuai yang ditargetkan oleh Bapak Presiden,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here