Petani
Pembukaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Kabupaten Jembrana tahun 2021, ditandai dengan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Anggota Komisi IV DPR RI A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra, Kepala BBPP Ketindan Sumardi Noor menyerahkan bibit kakao kepada salah satu peserta di Gedung Kesenian Ir.Soekarno, Rabu (24/3/2021). Sumber Foto : Istmewa

“Mari bersama-sama kita wujudkan agar semua peserta menjadi terampil dalam mengembangkan budidaya kakao yang baik dan benar sehingga dapat meningkatkan produksi buah kakao untuk mendukung pertanian yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Dalam kondisi Covid-19 yang masih belum reda ini, pertanian tidak boleh berhenti, kita harus kreatif dan produktif, pertanian maju mandiri fan modern, pertanian pantang mundur,” harap Sumardi Noor.

Sejalan dengan itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengapresiasi pelaksanaan bimtek yang di-inisiasi oleh Anggota Komisi IV DPR RI A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra, berserta Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Sumardi Noor tersebut.

Baca Juga :  Pemkab dan Kajari Jembrana Teken MoU Bidang Perdata

“Pihaknya berharap kepada seluruh peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan seksama dan serius. Apa yang ingin diharapkan (goal) dapat dicapai seusai bimtek ini, seperti optimalisasi pengelolaan usaha tani kakao berbasis koorporasi petani, optimalisasi pengelolaan komoditas kakao unggulan kakao dari hulu sampai hilir sehingga adanya peningkatan daya saing dan nilai tambah produk kakao, serta optimalisasi akses ke pasar global, sehingga mampu mengeksport komoditi kakao khususnya Jembrana yang baru bisa mengeksport kakao sebesar 75 ton diharapakan meningkat menjadi lebih dari 150 ton pertahunnya. Hal tersebut akan berdampak pada komoditi kakao Jembrana yang semakin dikenal dan meningkatkan kesejahteraan petaani pada khususnya,” imbuhnya.

Disamping itu dari bimtek ini juga dapat memberikan semangat yang lebih kuat terhadap upaya peningkatan nilai tambah dan daya saing biji kakao Indonesia dimata dunia dan juga pembuktian bahwa Indonesia mampu disejajarkan dengan negara lain penghasil biji kakao terbaik di dunia.

Baca Juga :  Jelang Nyepi, Bupati Tamba Bagikan 128 Ekor Babi dan Beras ke Seluruh Desa Adat Se-Jembrana

“Sekali lagi, Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang selama ini telah berkontribusi besar dalam pengembangan komodi kakao Jembrana dan terkait dengan bimtek ini pada hari ini dapat berjalan dengan lancar serta dapat dijadikan moment strategis bahwa kita tidak berjuang sendiri,” tutupnya.

Bimtek tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Bali yang diwakili oleh Ir. Lanang Aryawan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jembrana I Wayan Sutama, Ketua Koperasi Kerta Semaya Samaniya I Ketut Wiadnyana, serta Ketua Umum Forum Petani Muda Bali A.A. Gede Agung Wedhatama P. serta seluruh perserta yang mengikuti bimtek tersebut.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News