Balita
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kasus stunting yang masih terjadi di tengah masyarakat perlu mendapatkan penanganan serius serta aksi nyata, mengingat stunting memberi imbas pada kualitas daripada sumber daya manusia (SDM) dari generasi emas penerus bangsa.

Untuk itu, semua stakeholder terkait harus bersinergi dan melakukan tindakan nyata dalam upaya memerangi stunting. Demikian disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster dalam sambutannya saat melakukan kunjungan sosial serangkaian Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 yang bertempat di Museum Pustaka Lontar, Desa Dukuh, Penaban, Karangasem, Jumat (19/3/2021).

Lebih lanjut dalam arahannya, istri orang nomor satu di Bali ini menyampaikan bahwasannya kasus stunting dapat dicegah dengan pemberian gizi yang baik bagi janin serta pemeriksaan rutin kehamilan serta pemenuhan gizi yang  baik pula pada masa balita. Dengan demikian, ibu akan melahirkan bayi yang sehat dan nantinya akan tumbuh menjadi anak yang sehat baik jasmani dan rohani.

“Dengan upaya ini maka stunting pada balita dapat kita cegah. Masa depan bangsa kita tergantung dari kualitas dari sumber daya manusia yang ada. Untuk itu, mari kita bersinergi, kita lakukan pendataan dan susun program nyata. Semua stakeholder yang terkait harus bersinergi. Kita lakukan aksi menukik dan bermanfaat nyata. Kita lakukan hal yang kecil namun dengan cinta yang besar, sehingga generasi kita akan tumbuh menjadi generasi emas harapan bangsa,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sinergi Pengendalian Inflasi: Bank Indonesia Mendukung Gerakan Tanam Cabai di Lahan Tidur Kabupaten Buleleng

Wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini juga berharap, dana BKK sebesar Rp500 juta yang disalurkan Provinsi ke Kabupaten Karangasem dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan melaksanakan program tepat sasaran yang hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Gede Dana dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas perhatian yang besar dari TP PKK Provinsi Bali kepada peningkatan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Karangasem. Pihaknya akan berupaya keras untuk terus melakukan pendataan stunting dengan bersinergi dengan stakeholder terkait serta melakukan aksi nyata dalam upaya memerangi stunting.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem Ny. Nuriasih Gede Dana, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Bali Luh Putu Sukarini, Direktur Rumah Sakit Mata Bali Mandara Ni Made Yuniti, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Bali, diserahkan bantuan makanan sehat bagi ibu hamil dan bantuan makanan bagi balita berupa susu dan makanan bayi, serta  bantuan beras dan masker yang diserahkan langsung  oleh ibu Ketua TP PKK Provinsi Bali secara simbolis kepada para penerima bantuan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News