Donor Plasma Konvalesen
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Serangkaian dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Korem 163/Wira Satya ke-60 menggelar kegiatan sosial Donor Darah Plasma Konvalesen. Pendonor merupakan jajaran TNI/Polri, pemerintah hingga masyarakat umum, terlibat dalam kegiatan donor darah ini.

Dipusatkan di Auditorium kabupaten Jembrana, Selasa (9/2/2021), kegiatan terselenggara berkat kerja sama antara TNI, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jembrana dan Pemkab Jembrana. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Jembrana I Putu Artha, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna beserta jajaran forkopimda Jembrana.

Baca Juga :  Agus Mulyawan: Covid-19 Gampang Dihindari Kok Positif Nambah Terus

Berkaitan dengan hal tersebut, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna menyampaikan bahwa kegiatan donor darah sudah menjadi agenda rutinnya dan untuk donor plasma konvalesen ini merupakan donor yang pertama kali dilakukan di Jembrana.

“Ini pertama kalinya diadakan donor plasma konvalesen di Jembrana. Ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19. Salah satu metode pengobatan yang dianggap efektif adalah terapi dari donor darah konvalesen,” katanya.

Dijelaskannya, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

“Jadi donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari Covid-19. Terapi plasma konvalesen dalam hal Covid-19 acuannya adalah penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi. Terapi plasma konvalesen diberikan dengan cara mengambil plasma darah yang mengandung antibodi dari donor, kemudian ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini