Seniman
Sumber Foto : Istimewa

Pemerintah akan mendukung warganya apapun keadaannya. “Ke depannya yang harus kita lakukan adalah menjaga Pesta Kesenian Bali, karena itu merupakan warisan dari Prof Mantra, sedangkan Festival Seni Bali Jani merupakan wadah wahana untuk seni modern,” ucapnya.

Semakin meningkat anggarannya, maka semakin berkualitas karya seniman. “Jangan sampai kita melakukan gerakan bunuh diri di tanah kita sendiri karena terpesona dengan hal-hal baru dari luar, sehingga generasi muda dengan mudah meninggalkan budaya dan warisan leluhurnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, pendamping orang nomor satu di Bali sekaligus wanita multitalenta ini, juga mengajak agar masyarakat semua mendukung produksi lokal di Bali. “Karena ketika kain endek kita diproduksi di luar Bali, maka tenaga kerja kita sudah kehilangan mata pencaharian. Dan ketika kain endek yang diproduksi di luar Bali namun dijual di Bali, maka kita sudah kehilangan konsumen. Oleh sebab itu, kita sudah kehilangan dua komponen,” ungkap Ny Putri Koster.

Dengan diluncurkannya buku puisi Gajah Mina karya Dewa Putu Sahadewa yang dikolaborasikan dengan dilangsungkannya pameran lukisan dan sketsa karya Made Gunawan ini, diharapkan para seniman Bali bertumbuh terus menjadi sumber daya manusia yang kental kekuatan seninya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News