Penumpang
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada bulan Januari 2021 mencatat 212.397 penumpang dan 3.575 pergerakan pesawat udara melalui implementasi persyaratan masuk di Provinsi Bali menggunakan Rapid Antigen atau Polimerase Chain Reaction (PCR).

Pencapaian awal di tahun 2021 tersebut, PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat statistik Lalu Lintas Angkutan Udara (LLAU) priode bulan Januari jauh dibawah tahun 2020 pada priode yang sama.

Untuk angka pergerakan pesawat udara, dengan catatan 3.575 pergerakan pesawat udara pada bulan Januari 2021, apabila dibandingkan dengan bulan Januari 2020 dengan 13.839 pergerakan, maka terdapat selisih sebesar 10.264 pergerakan pesawat udara, atau mengalami penurunan pertumbuhan sebesar 74%.

Sedangkan untuk angka pergerakan penumpang, tercatat sebanyak 212.397 penumpang terlayani Januari 2021. Jika dilakukan perbandingan dengan angka bulan Januari tahun 2020, di mana sebanyak 2.122.632 penumpang tercatat keluar masuk Bali, maka terdapat penurunan pertumbuhan penumpang sebesar 90%.

Baca Juga :  Wujudkan Tata Kelola Arsip dan Perpustakaan Berkualitas, Diskerpus Badung Gelar Bimtek bagi Perbekel dan Ketua TP PKK Desa

Terkait hal ini, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y Sikado mengatakan, Bandara I Gusti Ngurah Rai tentunya berdampak pada pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda hampir ke semua sektor termasuk pada dunia aviasi, walaupun demikian dari catatan statistik penumpang harian terbanyak tanggal 3 januari 2021 tepatnya pada akhir libur tahun baru melayani 17.802 penumpang.

“Berkaitan dengan itu, saat ini mayoritas penumpang yang kami layani hanya rute domestik saja dikarenakan adanya pembatasan rute Internasional sesuai Surat Edaran Satgas Covid-19 sehingga secara angka domestik sebanyak 212.133 penumpang dan internasional 264 penumpang,” ungkap Herry, Selasa (2/2/2021) lalu.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Berbagi Paket Galungan Bersama Sahabat Disabilitas

Meskipun terjadi penurunan, Bandara I Gusti Ngurah tetap menjaga kepercayaan pengguna jasa dengan berkomitmen memastikan protokol kesehatan terlaksana dengan baik dan tidak mengurangi kualitas layanan yang berikan.

Herry turut medukung upaya pemerintah mengantisipasi penyebaran Covid-19 sebagai syarat untuk melakukan penerbangan. “Kami memastikan fasilitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat digunakan untuk kelancaran pemeriksaan dokumen kesehatan sebelum berangkat, sehingga persyaratan dokumen hasil Antigen maupun PCR yang belaku selama bulan Januari dapat diimplementasikan dengan baik sesuai yang dipersyaratkan pemerintah,” tambahnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News