Petani Muda
Sumber Foto : Humas Buleleng

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pertanian (Distan) Buleleng mendukung petani milenial P4S Petani Muda Keren (PMK) untuk berinovasi.

Hal tersebut didasari karena Distan Buleleng juga telah memiliki program bagaimana menciptakan pemuda-pemuda milenial yang sejalan dengan program dari Menteri Pertanian RI untuk menciptakan petani milenial yang inovatif.

“Hal tersebut menjadi dasar yang kuat mengapa kami menaruh pelatihan di P4S hari ini, karena gerakan inovasi yang dilahirkan anak muda di P4S Petani Muda Keren ini luar biasa,” imbuh Kepala Dinas Pertanian Buleleng Ir. I Made Sumiarta usai melaksanakan Pelatihan Teknis Tematik Peternakan Penerapan IoT (Internet of Things) di kebun dan Green House P4S Petani Muda Keren, Rabu (27/1/2021).

Menurut Made Sumiarta, pihaknya menilai pelatihan ini sangat luar biasa terutama kepada adik-adik dari PMK yang telah mendukung kolaborasi ini. “Ini hal yang positif melihat kedepan usia para petani kita rata-rata di usia 50 tahun, sudah barang tentu ini orang-orang muda harus bergerak,” tutur Sumiarta.

Baca Juga :  Lewat Ekstrakurikuler, SMPN 7 Singaraja Ajak Siswa Cintai Lingkungan Hidup

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Peternakan Balai Besar Peternakan Batu Malang, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt.M. ditemui disela-sela acara menerangkan bahwa pelatihan teknis yang dilakukan di Buleleng ini untuk melihat gerakan inovasi yang dilahirkan anak muda di P4S PMK. Menurutnya hal ini harus bisa disebarkan di seluruh P4S yang ada di Indonesia terkait inovasi-inovasi yang berhasil dicapai.

“Sehingga kami memiliki strategi untuk mengangkat P4S ini ke taraf nasional agar nanti bisa di replikasi dan ditiru bahkan di seluruh indonesia,” katanya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News