DPR
Sumber Foto : Istimewa

Dari pengembangan perikanan budidaya ini juga, Menteri Trenggono berharap Indonesia memiliki komoditas unggulan ke depannya. “Harapan saya adalah Indonesia punya komoditas unggulan. Apa itu lobster yang bisa jadi salah satu unggulan bangsa ini. Biar seluruh dunia datang ke sini untuk melihat,” tambahnya.

Sementara pemilihan Kampung Perikanan Budidaya bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di masa pandemi saat ini. Kampung-kampung budidaya diplot menjadi sumber ekonomi baru yang tidak hanya diisi oleh kegiatan produksi tapi juga aktivitas ekonomi lainnya.

“Kalau saat ini sudah ada, sifatnya masih sporadis. Untuk yang kami jalankan, kami akan kerjasama dengan Bapak Ibu, sekaligus Pemda supaya skala ekonominya bisa kita hitung. Hulu hilir. Jadi mulai dari bibit, pakan, selanjutnya pembinaan sampai kemudian panen. Lalu kemudian bisa ada industri di situ untuk proccesing baik untuk kepentingan pasar lokal dan ekspor,” pungkasnya.

Baca Juga :  Sentuhan Terbaru, Honda CRF250 RALLY Hadir Lebih Tangguh

Dalam rapat tersebut, Menteri Trenggono turut menyampaikan sejumlah capaikan kinerja KKP di 2020. Di antaranya dalam kurun waktu Oktober 2019-Desember 2020, KKP berhasil menangkap 100 unit kapal illegal-fishing sebagai komitmen menjaga sumber daya laut dan kedaulatan.

Sedangkan dari sisi akses terhadap modal usaha, realisasi Kredit Usaha Rakyat Sektor Kelautan dan Perikanan tahun 2020 mencapai Rp5,26 triliun yang disalurkan kepada 173.355 debitur dengan NPL hanya 0,07%. Ini merupakan kinerja yang baik, sebab sebelum-sebelumnya di atas 1 persen. Kemudian realisasi penyaluran dana kelolaan Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan sebesar Rp705,28 miliar kepada 18.684 pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Baca Juga :  Cara Deteksi Masalah Sepeda Motor Melalui MIL

Lalu capaian Nilai Tukar pada Desember 2020 telah meningkat dan mencapai lebih dari 100, yakni 102 untuk Nilai Tukar Nelayan, dan 101,24 untuk Nilai Tukar Pembudidaya Ikan. Meskipun hal ini sempat turun yaitu pada masa pandemi disaat penerapan PSBB.(ads/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here