Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARSetelah beberapa hari sebelumnya Tim Penggerak PKK Kota Denpasar menggelar rapid tes di Desa Ubung Kaja, kini giliran anggota tim PKK Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat disasar untuk mengikuti rapid tes.

Rapid tes yang diisi dengan penyuluhan protokol kesehatan oleh Kabid Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. IB Gede Eka Putra dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa IB Alit Wiradana, Sabtu (18/12/2020) di Kantor Desa Tegal Harum.

Tim Penggerak PKK Kota Denpasar menggelar rapid test yang menyasar anggota PKK Desa/Kelurahan. Hal ini merupakan bentuk sinergitas program PKK Kota Denpasar dengan PKK Provinsi Bali dan PKK Pusat. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara.

Lebih lanjut Ny. Selly menyampaikan rapid test yang dilaksanakan secara geratis ini bagi kaum perempuan. Ini merupakan bentuk peran TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat. Ny. Selly sambutan tertulisnya juga menyampaikan TP PKK Kota Denpasar mencegah penyebaran Covid-19 akan melaksanakan rapid test di empat kecamatan. Jumlah sasaran setiap kecamatan masing-masing 30 orang.

Baca Juga :  Astika Pande Paparkan Potensi Metaverse untuk Pendidikan di DTIK Festival 2024

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengapresiasi pelaksanaan rapid tes secara geratis oleh PKK Kota Denpasar. Ini bentuk kepedulian terhadap pendemi Covid-19. Pelaksanaan rapid tes ini merupakan salah satu pencegahan dengan 3T yaitu pemeriksaan dini (testing), bila ditemukan positif dilakukan pelacakan (tracing), dan dilanjutkan dengan perawatan (treatment). Disamping juga melaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat melalui 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir).

“Bila 3T dan 3M dapat diterapkan oleh semua masyarakat kita harapkan penyebaran virus Covid-19 dapat di cegah,” ujarnya.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, AMSI Bali Bertandang ke APJII Bali Nusra

Perbekel Tegal Harum I Komang Adi Widiantara menyampaikan pelaksanaan rapid tes oleh Tim Penggerak PKK Kota Denpasar sangat senergi dengan program Desa Tegal Harum dalam mencegah penyebaran Covid-19. Selama ini telah dilakukan berbagai langkah dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19 di Desa Tegal Harum salah satunya membiasakan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Menurutnya saat ini terjadi 8 kasus positif sehingga membuat desa Desa Tegal Harum masuk zona kuning.

“Kami akan terus berkerja keras untuk mensosialisasikan protokol kesehatan sehingga Desa Tegal Harum masuk zona hijau,” ujarnya.

Baca Juga :  Promo untuk Konsumen Setia, Astra Motor Bali Siapkan Special Gift Honda BeAT Sporty

Sementara Kabid Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. IB Gede Eka Putra menyampaikan dari hasil test rapid yang dilaksanakan di desa Tegal Harum ditemukan 1 orang reaktif. Bagi yang reaktif ini langsung dilakukan swab oleh petugas puskesmas.(gs/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News