UMKM
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Bali telah membawa dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian masyarakat Bali dan memberi pengaruh yang cukup signifikan kepada sektor Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM).

Untuk kembali menggeliatkan UMKM di era pandemi ini, Pemerintah Provinsi Bali menggelar pameran UMKM Bali Bangkit sebagai salah satu cara memfasilitasi pemasaran produk unggulan IKM/UMKM di masa pandemi ini. Melalui Dekranasda Provinsi Bali bergandengan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Bank BPD Bali serta market place Balimall.id, gelar pameran UMKM Bali Bangkit secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali I Wayan Jarta, di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar, Jumat (4/12/2020) malam.

Baca Juga :  'Kebahagiaan Tanggung Jawab Kita Bersama' Jadi Tema HUT Kota Denpasar ke-233

Tampak hadir pada acara pembukaan pameran tersebut, antara lain Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bali Ny Widiasmini Indra, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, serta para kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabuapten/kota se-Bali dan kepala SMA/SMK se-Bali yang hadir secara virtual melalui aplikasi zoom.

Ketika diwawancarai wartawan seusai acara pembukaan, Ny Putri Koster menyampaikan bahwasannya kegiatan pameran ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan kembali UMKM Bali yang selama pandemi turut terkena dampak yang cukup signifikan. Keberadaan UMKM Bali memegang peran yang sangat penting dan strategis dalam menjaga perputaran perekonomian Bali. Untuk itu perlu disediakan ruang dan kesempatan bagi UMKM dalam upaya menampilkan karya-karya terbaik mereka melalui pelaksanaan pameran.

Baca Juga :  Satpol PP Denpasar Amankan Orang Linglung

“Pameran ini digelar untuk membangkitkan kembali UMKM kita. Di sini kita tidak mengejar omzet ataupun target penjualan, semangatnya adalah berpameran. Prokes kita terapkan dengan ketat, kita menghindari terjadinya kerumunan, dan pembayaran juga kita lakukan melalui aplikasi QRIS BPD Bali,” ucapnya.

Lebih jauh, istri orang nomor satu di Bali ini mengatakan, kegiatan pameran kali ini juga dilakukan secara online melalui aplikasi market place Balimall.id. “UMKM kita dorong untuk mengarah ke pasar digital, sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada,” katanya dengan menambahkn, Bali memiliki banyak sekali produk kerajinan yang berkelas, yang kualitasnya sangat bagus dan limited edition.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here