Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

“Kita boleh mengikuti trend namun jangan sampai melupakan akar budaya. Diangkatnya endek sebagai bahan fashion sudah dilakukan sejak jaman Prof. IB Mantra sebagai Gubernur Bali, dimana saat PKB pertama kali digelar mengangkat endek yang dulunya hanya dipakai golongan tertentu. Sementara pada Denfest yang pertama, saya punya keinginan memperkenalkan endek kembali dimana saat itu di era tahun 2000-an justru sempat booming kain jenis songket. Diperkenalkannya endek karena endek adalah kain tradisional yang perlu dikembangkan untuk semakin dikenal luas. Untuk itulah diperlukan terus inovasi sehingga bisa go internasional.

Lebih lanjut dikatakannya, dari ribuan UKM yang dibina oleh Dekranasda Kota Denpasar terus mengembangkan ragam motif dan desain dengan memonitoring dan evaluasi untuk menyelesaiakan permasalahan yang dialami pelaku UKM. Melakukan pendekatan juga dengan Perbankan agar mempermudah pelaku UKM dalam mendapatkan KUR. Diberi juga kesempatan pada pelaku UKM untuk berpameran di daerah hingga keluar negeri menambah wawasan para pelaku UKM.

Baca Juga :  Bentuk Kepedulian di Bulan Suci Ramadhan, Dealer Honda Anugerah Utama Motor Kunjungi Panti Asuhan

“Dicetusnya Denpasar Fashion Festival sejak 2018 bertujuan untuk menggali dan mendukung UKM untuk terus berkreativitas dan menjadi kiblat bagi para perancang dan juga mengenalkan endek ke masyarakat agar lebih dikenal. Tidak hanya designer Denpasar tapi kita buka kesempatan untuk designer dari daerah lain di Bali.

Program kami menyasar generasi muda guna memperkenalkan ke teman sebayanya. Dengan pemilihan duta endek juga endek mulai dikenal dan dipakai oleh generasi muda sesuai dengan style anak muda yang casual sehingga menghapus kesan endek yang kaku. Selanjutnya pun designer muda Kota Denpasar diberi kesempatan ikut event-event fashion nasional seperti Jakarta Fashion Week serta event fashion internasional di Paris serta New York untuk memperkenalkan kreasi busana endek disana,” ungkap Selly Mantra. (esa/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News