Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYARGuna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya aparatur pengelola pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar melakukan pembinaan kepada aparatur pasar se-Kabupaten Gianyar, Rabu (25/11/2020) di Villa Kori Maharani Desa Tulikup. Pembinaan terhadap aparatur pasar serta perbaikan manajemen pasar dilakukan menyusul masifnya pembangunan pasar rakyat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Kepala Dinas Perindag Gianyar, Luh Gede Eka Suary saat membacakan sambutan Bupati Gianyar mengatakan pembinaan kepada aparatur pasar diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi aparatur pengelola pasar yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar. Sehingga dapat memaksimalkan peran aparatur pengelola pasar dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik pembeli maupun pedagang.

Baca Juga :  2.300 Bintang Muda Sepak Bola Siap Berkompetisi di Barati Cup Bali 2024

Perbaikan manajemen maupun peningkatan kapasitas aparatur pasar disamping melakukan revitalisasi pasar nantinya diharapkan mampu mengikis kesan kotor dan kumuh terhadap pasar rakyat menjadi pasar yang tertata, bersih dan nyaman.

“Pasar rakyat yang terkesan kotor dan kumuh nantinya bisa lebih bersih dan tertata dengan SDM yang lebih tahu tupoksinya masing-masing. Sehingga tercipta pasar rakyat yang nyaman asri dan aman untuk warga,” papar Eka Suary.

Pembinaan kepada aparatur pasar juga untuk mempersiapkan SDM pengelola pasar menjelang beroperasinya Pasar Seni Sukawati Blok A dan B. Dimana serah terima atau Provisional Hand Over (PHO) Pasar Seni Sukawati dilakukan bulan Desember tahun 2020.

“Peningkatan kapasitas aparatur pasar sangat perlu dilakukan menjelang dibukanya Pasar Seni Sukawati blok A dan B yang PHO nya Bulan desember tahun ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Disamping pembinaan aparatur pasar, Pemkab Gianyar sejak tahun 2018 juga telah melakukan pembangunan berbagai pasar baik yang dikelola desa maupun Pemkab Gianyar. “Pembangunan pasar menjadi salah satu fokus pembangunan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Gianyar, yang dalam kurun waktu 2018 sampai saat ini telah dibangun berbagai pasar desa maupun pasar yang dikelola secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar,” sambung Eka Suary.

Eka Suary juga memaparkan bahwa Pasar Sukawti blok A dan B dibangun dengan dana sebesar Rp77 miliar, Pasar Gianyar dibangun melalui APBD Kabupaten Gianyar dengan pagu sebesar Rp250 miliar serta Pasar Sukawati blok C dibangun dengan dana APBN sebesar Rp75 miliar dan pembangunan Pasar Blahbatuh dibangun dengan Dana Tugas Perbantuan Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp1,4 miliar.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News