Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

Selain mensosialisasikan kebijakan pemerintah, selama masa pandemi TP PKK Bali gencar pula menyalurkan bantuan berupa sembako dan masker bagi masyarakat terdampak Covid-19. Sejalan dengan itu, TP PKK Provinsi juga menggerakkan jajaran TP PKK kabupaten/kota menggelar ‘penggak’ yang menyediakan kebutuhan pokok gratis bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, ia mengutarakan rasa bangga, karena salah satu program yaitu HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) yang intensif dilaksanakan sejak tahun lalu, ternyata sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pada masa pandemi. Lebih dari itu, ia juga bersyukur karena Bali memiliki sosok perempuan-perempuan tangguh yang banyak membantu perekonomian keluarga di tengah pandemi. “Ibu-ibu di sini tidak tinggal diam, dengan ketrampilan yang dimiliki seperti memasak, menjahit dan lainnya, mereka berusaha menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” terangnya.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Pada bagian lain, perempuan yang piawai membaca puisi ini berbagi cerita tentang dirinya yang sempat terpapar virus corona. Saat divonis positif terpapar Covid-19 dengan status OTG (Orang Tanpa Gejala), ia menemukan fakta adanya stigma negatif yang ditujukan kepada mereka yang terpapar virus tersebut. “Banyak dari mereka yang kena kemudian lebih memilih diam dan bersembunyi,” tuturnya.

Mencermati fenomena itu, sebagai publik figur dirinya kemudian berupaya mengedukasi masyarakat dengan menyebarkan sebuah video yang dibuat di lokasi karantina. “Kena virus itu bukan kejahatan, tak usah disembunyikan. Hanya saja, kita yang terpapar juga wajib menjaga orang sekitar dengan sadar melakukan isolasi. Karena virus ini ada dan berbahaya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Teach4Hope Bersama Timedoor Academy Hadirkan Beasiswa Pelatihan Kerja Gratis Bidang IT di Denpasar

Sementara itu, Ketua TP PKK Sulsel Liestiaty Fachrudin menyampaikan kekagumannya pada sosok Putri Koster yang sering ia jumpai saat menghadiri acara-acara PKK di Jakarta. Menurutnya, Bali adalah yang terbaik dan banyak hal yang bisa dipelajari dari daerah ini. “Kami ingin belajar banyak hal, salah satunya terkait pembinaan UMKM,” ujarnya.

Selain untuk menimba ilmu, kunjungan TP PKK Sulsel ke Bali juga sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemulihan pariwisata yang terpuruk karena pandemi Covid-19. Selama kunjungan di Bali, LIestiaty mengagendakan kunjungan ke sejumlah objek wisata dan sentra kerajinan. Rombongan yang tiba di Pulau Dewata pada Selasa (24/11/2020), akan kembali ke Sulsel pada Kamis (26/11/2020) mendatang.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kota Denpasar Gelar Bimtek Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas, Dorong Komunikasi Kembangkan Pelayanan PAUD

Pertemuan Ketua TP PKK Bali dan Sulsel juga diwarnai dengan tukar menukar cenderamata, ramah tamah dan pembacaan puisi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina. Beberapa pengurus TP PKK Sulsel juga bergantian naik ke panggung membacakan puisi karya pengurus TP PKK Bali. Di penghujung acara, Putri Koster mempersembahkan penampilan paripurna dengan membawakan puisi ‘Sumpah Kumbakarna’ karya Denok Kristianti.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News