Jemput Bola
Pelaksanaan Pelayanan JB Pelangi Pencatatan Sipil di Desa di Kantor Desa Dauh Puri Kauh pada Minggu (8/11/2020). Sumber Foto : Humas Denpasar

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARSelain secara rutin terus menggelar Pelayanan Jemput Bola (JB) Pelayanan Langsung Jadi (Pelangi) perekaman dan pencetakan E-KTP, Disdukcapil Kota Denpasar turut menggencarkan Pelayanan JB Pelangi Pencatatan Sipil.

Dimana, pelayanan yang bertujuan guna memberikan kemudahan serta mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat akan Administrasi Kependudukan ini digelar perdana di Kantor Desa Dauh Puri Kauh pada Sabtu (7/11/2020) hingga Minggu (8/11/2020).

Kadisdukcapil Kota Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrata saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa saat ini pelayanan Disdukcapil Kota Denpasar dilaksanakan dengan program daring berbasis Si Taring. Namun demikian, guna mendukung pemenuhan kebutuhan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat, Pelayanan JB Pelangi yang mulanya difokuskan pada perekaman dan pencetakan E-KTP kini dikembangkan dengan mencakup Layanan Pencatatan Sipil.

“Jadi untuk mendukung pemenuhan kepemilikan akte-akte yang berkaitan dengan dokumen kependudukan di masyarakat kami telah melaksanakan JB Pelangi di bidang pencatatan sipil, selain juga JB Pelangi perekaman dan pencetakan E-KTP yang tetap berjalan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, adapun persyaratan yang wajib dilengkapi masyarakat secara umum sama dengan persyaratan yang tertera dalam Si Taring. Namun demikian pelayanannya dilaksanakan secara offline dengan menyasar desa/kelurahan.

Baca Juga :  Bangkitkan Pariwisata, Pemkot Denpasar dan IFBEC Bali Gelar Webinar CHSE

Dikatakan Dewa Juli, pelayanan pencatatan sipil yang turut dilaksanakan JB Pelangi yakni Paket Akta Kelahiran, Paket Akta Perkawinan, Paket Akta Perceraian, Paket Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El), Surat Keterangan Pindah (SKPWNI, SKPOA, dan SKPLN), Kartu Identitas Anak (KIA), Sinkronisasi Data serta layanan administrasi kependudukan  lainya.

“Tentunya kami berharap bagi masyarakat yang merasa kesulitan dalam memanfaatkan layanan Si Taring dalam memanfaatkan layanan JB Pelangi dengan melengkapi persyaratan terlebih dahulu, sehingga pelayanan dapat dimaksimalkan,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan JB Pelangi Pencatatan Sipil saat ini menyasar empat desa/kelurahan. Yakni Kantor Desa Dauh Puri Kauh pada 7-8 November 2020, Kantor Kelurahan Pedungan pada 14-15 November 2020, Desa Kesiman Petilan pada 21-22 November 2020 dan Desa Dangin Puri Kaja pada 28-29 November 2020.

Adapun selama dua hari pelaksanaan JB Pelangi Pencatatan Sipil tersebut tercatat total pelayanan kepada masyarakat yakni pengurusan Kartu Keluarga sebanyak 54 paket, Akta Kelahiran sebanyak 50 paket, Akta Perkawinan sebanyak 1 paket, Akta Kamatian sebanyak 4 paket, SKPWNI sebanyak 1 paket, Biodata sebanyak 1 paket, Cetak E-KTP sebanyak 28 orang dan Cetak KIA sebanyak 11 orang. (ags/humas-dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here