Posyandu
Pelaksanaan Posyandu di Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Kota Denpasar beberapa waktu lalu. Sumber Foto : Humas Denpasar

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Beragam upaya yang terus digencarkan Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) di Kota Denpasar sukses mendulang prestasi di kancah nasional. Kali ini datang dari Posyandu Melati Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja Kota Denpasar yang menjadi peringkat 6 dari 10 besar Posyandu Teraktif Dalam Aplikasi i-Posyandu Tahun 2020 yang dilaksanakan Astra. Bahkan, keberhasilan Posyandu Melati Banjar Tegeh Sari ini menjadi satu-satunya Posyandu di Bali yang berada pada peringkat 10 besar.

Lurah Tonja, Ade Indah Sari Putri saat dikonfirmasi Minggu (15/11/2020) menjelaskan bahwa prestasi ini tak lepas dari semangat dan komitmen besar dari kader Posyandu Melati Banjar Tegeh Sari untuk tetap memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat meski ditengah pandemi. Karenanya, dengan menggunakan aplikasi i-Posyandu pelayanan kepada masyarakat dapat dimaksimalkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentunya kami sangat bangga salah satu posyandu, yakni Posyandu Melati Banjar Tegeh Sari Tonja sukses menjadi posyandu teraktif peringkat 6 nasional melalui aplikasi I-Posyandu,” ungkapnya

Baca Juga :  Dwijendra University Menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Dikatakan lebih lanjut, pemberian penghargaan ini diinisasi oleh PT. Astra yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI guna mendukung maksimalnya pemenuhan kesehatan masyarakat. Adapun kegiatan yang diikuti oleh Posyandu seluruh Indonesia ini memliki beberapa idikator penilaian. Diantaranya adalah tingkat keaktifan dalam pelaksanaan posyandu dengan menggunakan aplikasi I-Posyandu. Dimana, kader posyandu dapat melaksanakan pengecekan kondisi bayi, pemberian vitamin serta pelaporan rutin berkala secara terpadu dalam satu aplikasi.

“Kader posyandu dapat melihat perkembangan balita dari aplikasi, sehingga tidak perlu berkumpul di suatu tempat, selain lebih efektif dan efisien juga menjadi upaya penerapan protokol kesehatan yang disiplin,” terangnya.

Kedepan pihaknya mengaku bahwa prestasi ini akan menjadi semangat baru untuk lebih memaksimalkan peran dan fungsi posyandu di masyarakat. Keberhasilan ini juga akan menjadi pilot projek agar dilaksanakan oleh seluruh Posyandu di Kelurahan Tonja dan Kota Denpasar umumnya.

“Kedepan semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan Posyandu di Banjar Tegeh Sari dapat menjadi pilot project dalam melaksanakan posyandu di masa pandemi yang akan diketok tularkan kepada banjar lainya, dan untuk kader Posyandu kami sampaikan terimakasih dan terus bersemangat dalam memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat,” harapnya. (ags/humas-dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here