Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

Sementara mengenai pencegahan stunting, ia menyatakan harus mulai memperhatikan tumbuh kembang anak sejak masih dalam kandungan. Ia menambahkan periode emas berlangsung sejak anak dalam kandungan selama 9 bulan hingga berumur 2 tahun. “Pada fase ini, pentingnya orang tua memonitor perkembangan dan pertumbuhan anak, karena cirri-ciri stunting juga bisa dilihat pada periode ini,” bebernya.

Senada dengan Ny Putri Koster, ia menegaskan stunting bukan hanya ranah kesehatan semata, namun juga menjadi tanggung jawab bersama. Dalam kesempatan ini, ia juga mengajak masyarakat dan kader PKK untuk bahu membahu mencegahnya.

Baca Juga :  Bukti Nyata Komitmen Bersama Memajukan Pendidikan di Denpasar, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Denpasar Education Festival

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Putu Anom Agustina juga menekankan pentingnya peranan masyarakat Desa dalam mencegah stunting. Menurutnya sesuai dengan Permendagri No. 18 tahun 2018 dalam sinerggi pencegahan stunting, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) mempunyai peranan seperti peningkatan peran Posyandu dalam meningkatkan kualitas kesehatan Ibu dan Anak, serta memfasilitasi kegiatan TP PKK dalam kegiatan pembinaan kesehatan masyarakat.

“Hal lainnya adalah melakukan pembinaan, pengawasan dan memfasilitasi penganggaran dalam APBDes , termasuk mendorong, optimalisasi Pemanfaatan Dana Desa untuk kegiatan pemberdayaan seperti peningkatan kulitas dan akses pelayanan dasar dan pencegahan stunting,” jelasnya.

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Catat Rekor MURI Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah: Galakkan Nasionalisme dan Patriotisme melalui Rupiah

Ia juga menambahkan prioritas dana desa tahun 2021 salah satunya sesuai dengan program prioritas nasional diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa yaitu penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting. “Hal tersebut membuktikan betapa seriusnya pemerintah untuk menurunkan angka stunting di tingkat nasional,” katanya.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News